Laporkan Masalah

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERHADAP EFIKASI DIRI AKADEMIK SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI Y

RAHMI MUTMAINAH, Prof. Dr. Asmadi Alsa, SU

2016 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode pembelajaran, terhadap efikasi diri akademik dalam mata pelajaran ekonomi. Subjek penelitian berjumlah 26 siswa kelas XII di SMA N Y. Penentuan kelompok eksperimen dan kontrol dilakukan secara random. 13 siswa kelas XII IPS 2 terpilih sebagai kelompok eksperimen, dan 13 siswa kelas XII IPS 1 sebagai kelompok kontrol. Desain penelitian yang digunakan yaitu untreated control group design with pretest and posttest dengan metode pembelajaran jigsaw sebagai perlakuan dan metode pembelajaran konvensional sebagai kontrol. Siswa diberikan skala efikasi diri akademik sebelum dan setelah empat kali pertemuan. Data dianalisis dengan Mann-Whitney U test. Hasil analisis menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol setelah diberi perlakuan (p=0.101, p>0.05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian metode pembelajaran jigsaw belum mampu meningkatkan efikasi diri akademik siswa SMA N Y secara signifikan. Beberapa faktor penyebab dan temuan dalam penelitian dibahas lebih lanjut dalam pembahasan.

The aim of this research is to examine the influence of learning method on student's academic self-efficacy in economics subject. The participants of this research were 26 students of grade XII Y Senior High School. Class XII IPS 2 was randomly selected as the experimental group, and class XII IPS 1 as the control group. The participants consist of 13 students in both experimental and control group. This study used untreated control group design with pretest and posttest. There are two treatment groups: jigsaw learning method and the conventional method. The academic self-efficacy scale was used to gather data before the treatment and after fourth times of the treatment. The data gathered was analyzed using Mann-Whitney U test. Findings of this study showed that there are no significance difference between the experimental and control group after given the treatment (p=0.101, p>0.05). It can be concluded that jigsaw learning method wasn't able to significantly improve student's academic self-efficacy of Y Senior High School. Some related factorsand finding in this research were further discussed.

Kata Kunci : efikasi diri akademik, metode pembelajaran jigsaw

  1. S1-2016-317532-abstract.pdf  
  2. S1-2016-317532-bibliography.pdf  
  3. S1-2016-317532-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2016-317532-title.pdf