STRATEGI PENGEMBANGAN CITY BRAND KOTA SOLO MELALUI MEDIA SOLO BATIK CARNIVAL
YOLANDHA AFRILIANA, Prof. Dr. Marsono, S.U.
2016 | Skripsi | S1 PARIWISATAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proses pencetusan city brand Solo, "the Spirit of Java" yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Solo dan (2) peran event Solo Batik Carnival sebagai media city branding Kota Solo. Yang mendasari penelitian ini adalah untuk memahami bentuk komunikasi primer melalui pelaksanaan event Solo Batik Carnival sebagai upaya city branding Kota Solo. Data diperoleh melalui observasi lapangan, wawancara, studi pustaka pada skripsi dan jurnal penulis lain. Kemudian data yang diperoleh di analisis dengan metode kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pengembangan city brand oleh Prophet yang menjelaskan delapan langkah yang dilakukan untuk pengembangan city branding mulai dari penetapan tujuan hingga mengukur keberhasilan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) pembentukan city brand Kota Solo dilakukan melalui sayembara slogan yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat dan kreasi logo dikerjakan oleh Freshblood Indonesia, perusahaan periklanan berbasis di Solo (2) Solo Batik Carnival berperan cukup efektif sebagai media city branding Solo, ditunjukan dengan banyaknya agen perjalanan wisata yang menjual paket Solo Batik Carnival sebagai paket wisata khusus dan meningkatnya okupansi hotel pada bulan Juni. Angka kunjungan wisatawan ke beberapa objek wisata unggulan juga mengalami peningkatan.
This study aims to understand (1) the process of forming city brand "Solo, the Spirit of Java" by Solo government and (2) the role of Solo Batik Carnival event as Solo's city branding media. The fundamental idea of this research is to understand the attempt of Solo's city branding through cultural events as the primary communication. The datas are obtained through field observations, interviews, literature study on the journal paper from other authors. Then, all of the datas will be analyzed with qualitative descriptive method. The theory used in this research is the theory of the development of city brand by Prophet who explained the eight steps to develop city branding from set the goals to measure success. Results from this research are: (1) the establishment of a Solo's city brand done through the slogan contest that involves the whole society and the logo's creation done by Freshblood Indonesia, advertising company in Solo. (2) Solo Batik Carnival plays quite effective role as a Solo's city branding media, measured by many travel agents who sell Solo Batik Carnival packages as a special trip, the hotel's occupancy rate and number of tourists to several tourist destination continues to increase every June.
Kata Kunci : city branding, Solo Batik Carnival, the Spirit of Java, metode kualitatif deskriptif / city branding, Solo Batik Carnival, the Spirit of Java, qualitative descriptive method