NORMA SUBJEKTIF VS DOGMATISME: RESPON KONSUMEN BERAGAMA NASRANI TERHADAP IKLAN TV ISLAMI
HENDY MUSTIKO AJI, Prof. Basu Swasta Dharmmestha, Ph.D
2016 | Tesis | S2 SAINS MANAJEMENBerfokus pada topik lintas keagamaan, penelitian ini meneliti persepsi konsumen beragama Nasrani terhadap iklan TV Islami di Indonesia. Penelitian ini memasukkan norma subjektif dan dogmatisme secara bersama-sama didalam satu analisis sebagai variabel moderasi. Dari analisis yang sudah dilakukan, diketahui bahwa religiusitas intrinsik Nasrani memiliki hubungan negatif yang signifikan dengan kredibilitas iklan TV Islami. Sikap terhadap iklan TV Islami juga terbukti secara statistik sebagai prediktor kredibilitas iklan TV islami, meskipun hubungannya berlawanan. Penelitian ini juga menyimpulkan bahwa baik norma subjektif maupun dogmatisme memoderasi hubungan antra kredibilitas iklan TV Islami dan sikap terhadap iklan TV Islami dengan dampak yang berbeda. Norma subjektif cenderung memperlemah hubungan keduanya sedangkan dogmatisme memperkuat hubungan keduanya. Selanjutnya, diskusi dan saran untuk penelitian selanjutnya juga didiskusikan dalam peneletian ini.
With concern on cross-religion research, this study examined Christian consumer perception toward Islamic TV advertising in Indonesia. This study includes together both subjective norm and dogmatism in an analysis as moderating variables. From the data analysis, it is found that Christian intrinsic religiosity has significant negative relationship with Islamic TV advertising credibility. Attitude toward Islamic TV advertising also is proven statistically as the consequence of Islamic TV advertising credibility, even if the relationship is in an opposite direction. Moreover,this study concludes that either subjective norm or dogmatism has significantly moderated relationship between Islamic TV advertising credibility and attitude toward Islamic TV advertising differently. Subjective norm tends to weaken that relationship while dogmatism plays the role to strengthen it. Eventually, discussion and future research suggestion are also discussed.
Kata Kunci : religiusitas intrinsik, kredibilitas iklan, sikap, norma subjektif, dogmatisme