Laporkan Masalah

PRODUCT STRATEGY ANALYSIS OF WELLNESS TOURISM PROVIDER ( A CASE OF YOGA BARN AS HOLISTIC HEALING RETREAT CENTRE IN UBUD,BALI)

CIKITTA NOVA KHANZA, Prof. Dr. Marsono, S.U. ; Widyarini Wirjono, S.E., M.M.,

2016 | Skripsi | S1 PARIWISATA

Pariwisata telah menjadi pendorong utama di bidang ekonomi. Terdapat banyak kesempatan dan kemajuan dalam membangun sektor pariwisata di beberapa negara terutama negara berkembang seperti Indonesia. Indonesia memiliki berbagai macam modal seperti sumber daya alam, budaya dan sejarah untuk dapat ditawarkan di sektor pariwisata global. Salah satu tujuan utama pariwisata di Indonesia yang telah diakui oleh dunia adalah Bali. Bali selalu berhasil mengembangkan berbagai kemajuan dalam pariwisata seperti tujuan, atraksi, dan fasilitas untuk menarik wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara. Bali juga memiliki berbagai kriteria atraksi berdasarkan pada potensi wilayah yang dimiliki. Beberapa kriteria tersebut dapat menyesuaikan trend berwisata pada masa ini. Salah satu trend wisata yang sangat populer adalah wisata kebugaran. Wisata kebugaran merupakan sub bagian dari wisata kesehatan yang telah menjadi trend global di sektor pariwisata. Wisata Kebugaran telah berhasil menciptakan pendapatan yang menjanjikan dan lapangan pekerjaan. Dalam industri pariwisata, wisata kebugaran dianggap sebagain salah satu sektor yang dapat dikembangkan. Penelitian ini akan membahas tentang strategi produk yang dimiliki oleh salah satu penyedia wisata kebugaran ternama yang terletak di Ubud yaitu The Yoga Barn. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi produk yang dimiliki oleh The Yoga Barn sangat sesuai sebagai penyedia wisata kebugaran dalam perpektif ilmu pemasaran. Terlihat dari berbagai macam produk yang disediakan The Yoga Barn untuk membuat perbedaan dari para pesaing. Faktor pendukung Yoga Barn memiliki strategi yang tepat ialah analisis siklus hidup produk untuk mengetahui tigkatan produk yang telah dimiliki Yoga Barn. Yoga Barn sendiri telah mencapai pada tahap pertumbuhan dalam siklus hidup produk dan mengatur strategi tertentu guna menghadapi tahap selanjutnya dengan mempersiapkan berbagai persiapan atau modal dari produk wisata kebugaran. Yoga Barn juga berhasil dalam mengatur karakteristik produk yang dimiliki dan diantaranya terdiri dari branding, lini produk dan jajaran produk, pengemasan produk hingga servis yang diberikan sejalan sesuai dengan misi dari Yoga Barn sebagai penyedia wisata kebugaran. Strategi produk yang telah dijalankan Yoga Barn memperoleh tanggapan atau sambutan yang baik oleh wisatawan dan ditunjukkan dengan mengunjungi Yoga Barn kembali atau membeli produk tersebut lagi. Beberapa kendala juga dihadapi oleh Yoga Barn seperti di antara lain tidak memiliki pasar yang spesifik untuk disasar. Hal ini terjadi karena Yoga Barn sendiri tidak memiliki departemen pemasaran dalam struktur organisasi yang dimiliki oleh pihak manajemen Yoga Barn. Kondisi seperti ini dapat membuat posisi Yoga Barn terancam karena pihak manajemen baru menyadari pasar yang di sasar setelah menjalankan kegiatan bisnisnya.

Tourism has become major economic trigger nowadays. There are a lot of opportunities and improvement in developing the tourism sector at certain country especially developing country like Indonesia. Indonesia has variety of modalities such as nature, culture and historical resources to offer to the global tourism sector. One of main destination in Indonesia that has already been certified as a worlds-class destination is Bali. Bali has always succeeded in improving its modalities on attraction, destination and amenities to attract both foreign and domestic tourists. Bali has certain attraction characteristics or attractions based on the different region. Those characteristics also get along with tourism trends. One of the major trends is wellness tourism that becomes popular in these days. Wellness tourism is part of health tourism that becomes global trend in tourism sector. Wellness tourism has succeeded in earning a promising profit and create huge employment opportunities. In tourism industry, wellness tourism considered as potential sector that has to be expanded. This research discusses product strategy that is owned by a famous wellness tourism provider in Ubud called Yoga Barn. The result of this research shows that Yoga Barn has appropriate product strategy as a wellness tourism provider in the marketing intelligence perspective. It is showed by the variety of products that has been well provided in order to make distinction among, the competitors. Another supporting factor that makes Yoga Barn has product strategy appropriate has to be the stage at product life cycle analysis, which Yoga Barn has already accomplished the growth stage and manage to keep or improve the stage by variety of modalities. In addition, Yoga Barn has also succeeded in managing product characteristics like branding, product line and range, packaging and service support that get along with the mission as wellness tourism provider and resulted in getting great response from the tourists from all over country, which is showed in tourist's intention for revisit and repurchase of the product. Some of obstacles also faced by Yoga Barn like did not have specific targeted market since they did not have marketing department in their organizational structure. This condition might become threat to them since they only found the targeted market after run the business.

Kata Kunci : Wellness Tourism, Product Strategy, Wellness Tourism Provider