Evaluasi Strategi Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Perusahaan di Industri Perkebunan Kelapa Sawit(Kasus PT.Astra Agro Lestari)
EKO PRASETYO, Ertambang Nahartyo, Msc, Ph.D
2016 | Tesis | S2 ManajemenTulisan ini memberikan gambaran kondisi agro industri yang membutuhkan strategi untuk mencapai "superior competitive sustainable advantage" melalui kemampuan mamahami apa dan bagaimana mengelola sumber daya yang dimiliki perusahaan dan kapabilitas usaha kelapa sawit sehingga memberikan "value" bagi "stake holder". PT. Astra Agro Lestari Tbk, merupakan salah satu anak perusahaan Astra Grup yang bergerak dalam industri perkebunan dan memiliki area lahan perkebunan kelapa sawit yang lokasinya terletak di sejumlah propinsi di Kalimantan, Sulawesi dan Sumatra. Peningkatan biaya produksi minyak kelapa sawit setiap tahunnya yang dialami oleh perusahaan, dan harga penjualan komoditi minyak sawit yang tidak stabil setiap tahun membuat perusahaan berkomitmen melakukan pembenahan secara internal. Melalui evaluasi strategi perusahaan dengan kerangka perumasan strategi yang komprehensif untuk menentukan sejumlah strategi alternatif bagi perusahaan dalam menghadapi tantangan dan peluang di industri sawit, dan analisa konsep "value chain" untuk menunjukan bahwa aktivitas-aktivitas primer mulai penciptaan fisik produk hingga aktivitas pendukung untuk proses produksi adalah merupakan keunggulan bersaing perusahaan. Pengelolaan protfolio produk bisa dikembangkan lagi melalui regenarasi proses pengolah tanaman secara berkelanjutan dengan pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya manusia melalui implikasi strategi differensiasi dan keungulan biaya sehingga perusahaan dapat memformulasikan strategi "forward integration" masuk ke industri hilir, strategi intensifikasi tanaman, strategi mekanisasi dan otomasi di proses operasional perusahaan. Dengan menjaga strategi tumbuh perusahaan PT. Astra Agro Lestari Tbk dapat memelihara keunggulan biaya perusahaan di industri perkebunan kelapa sawit, sehingga perusahaan dapat menciptakan nilai tambah yang berkelanjutan baik bagi perusahaan sendiri dan seluruh pemangku kepentingan.
This paper provides an overview of the agro industrial condition which requires strategies to achieve a superior competititve sustainable advante through the ability to understand what and how to manage corporate resources and capabilities of the oil palm business so as to provide value to stakeholders. PT. Astra Agro Lestari Tbk. is one of the subsidiaries of the Astra Group companey engaged in the plantation industry and has an area of oil palm plantation located in a number of provinces in Kalimantan, Sulawesi and Sumatra. The increased production costs of palm oil experienced by the company every year and the unstable selling price of the palm oil commodity every year make the company intend to undertake internal reforms. Evaluation of the company's strategy and analysis of the value chain concept suggest that the primary activities, starting from the physical creation of product until activites which suppport the production process provide a competitive advantage for the company. Management of the product portfolio can be developed further through regeneration of the plant processing on an ongoing basis using both natural resources and human resources through the implication of the differentiation and cost advantage strategies so that company can formulate strategies for intensification of land, forward integration, mechanization and automation process. By maintaining the growth strategy, the companya can maintain its stability and cost advantage so that PT. Astra Agro Lestari Tbk will understand that superior resources and capabilities can generate good value both for the company and its stakeholders to achieve a sustainable competitive advantage.
Kata Kunci : Analisis "Value Chain", aktivitas-aktivitas primer, aktivitas-aktivitas pendukung, strategi differinsiasi, keunggulan biaya, strategi forward integration, strategi intensifikasi, strategi mekanisasi dan otomasi