Laporkan Masalah

PEMANFAATAN UNDERWATER SILL (UWS) UNTUK MENGATASI PENDANGKALAN KOLAM LABUH RENCANA TERMINAL PROPYLENE PT.PERTAMINA RU VI BALONGAN

PEPPY ANASTASIA, Prof. Ir. Nur Yuwono, Dip. HE., Ph.D.

2016 | Tesis | S2 Teknik Sipil

Terminal Propylene PT. Pertamina RU VI Balongan saat inisudah pada tingkat pengoperasian yang optimal, sehingga dibutuhkan sarana tambat tambahan yang dapat mengakomodasi peningkatan penyaluran produk propylene hingga mencapai kapasitas sandar untuk tanker LPG 5000 DWT. Kolam labuh terminal propylene mengalami pendangkalan yang cukup tinggi yaitu antara 6,0 m sampai dengan 9,0 m, sedangkan kedalaman perairan pantai pada umumnya berkisar antara 2,0 m sampai dengan 3,0 m. Pendangkalan disebabkan oleh posisi kolam labuh yang berada pada kawasan surf zone, dimana pada kawasan ini terjadi angkutan sedimen sejajar pantai (longshore transport). Karena pendangkalan yang terjadi terus menerus dan aktifitas bongkar muat kapal terganggu, dermaga tersebut dianggap sudah tidak layak, sehingga perlu direncanakan dermaga baru. Dalam penelitian ini direncanakan Terminal Propylene baru dengan tambahan struktur UWS. Dari hasil pengujian di laboratorium, bangunan UWS mampu mendefleksikan aliran sedimen yang akan masuk ke kolam labuh sehingga aliran sedimen dapat diteruskan ke downdrift tanpa merusak garis pantai. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahuipengaruh adanya struktur UWS dalam mereduksi jumlah sedimen yang masuk ke kolam labuh. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan koefisien Kmu(Bhakty, 2015) untuk menentukan debit sedimen yang masuk ke kolam labuh. Dalam penelitian ini digunakan beberapa variasi penempatan struktur UWS, yaitu dari garis pantai sampai pada kawasan offshore. Pendangkalan di kolam labuh dihitung dengan anggapan bahwa distribusi sedimen terdistribusi sempurna atau merata sehingga debit sedimen yang masuk ke kawasan UWS sebanding dengan debit air yang masuk ke kawasan UWS. Hasil penelitian menunjukkan nilai reduksi jumlah sedimen yang masuk ke kolam labuh yang bervariasi. Semakin posisi UWS dekat dengan garis pantai, jumlah sedimen yang terdefleksikan dan yang tereduksi semakin kecil. Posisi UWS ideal berada pada jarak 150-350 meter dari garis pantai.Nilai koefisien dapat digunakan untuk menentukan pengaruh distribusi debit aliran menyusur pantai yang lebih baik dibandingkan dengan peneliti terdahulu koefisien Kmu(Bhakty, 2015) karena menggunakan variabel luas dan kecepatan aliran.

ABSTRACT Propylene terminal of PT. Pertamina RU VI Balongan is at an optimumlevel operation, so it takes an additional mooring facilities that can accommodate the increased distribution propylene product until it reaches the berthing capacity for 5000 DWT LPG tanker. Harbour basin sedimentation in propylene terminalis experiencing quite high, between 6,0 m to 9,0 m, while the depth of coastal waters generally range between 2,0 m to 3,0 m. Siltationis caused by the position of jetty that is present within the surf zone, which is occurs longshore sediment transport. Because of sedimentation occurs continuously, activity of loading and unloading ships are uninterrupted, the jetty is not considered feasible, so it is necessary to plan the new jetty. This study is plana new propyleneterminalwith the additional UWSstructure. From the laboratory testsresult, UWS structure is capable to deflecting the flow of sediment that will go into a harbour basin so the flow of sediment can be forwarded to downdrift without damaging the coastline. This study aimed todeterminethe effect oftheUWSstructurein reducingthe sedimentamountinto harbour basin. This research is adevelopmentofKmucoefficientuses(Bhakty, 2015) todeterminesedimentdischargeinto theharbour basin. This study usedseveralvariations ofthe placement UWSstructure, from the shorelinetotheoffshorearea. Siltationin theharbour basinis calculatedon the assumptionthat the distribution ofsedimentsare perfectly distributedorevenlydistributedso thedischargeof sedimentinUWSarea areproportional with thedischarge of waterin UWSarea. The result showsthe reduction ofsedimentamountintoaharbour basin isvaried. The moreUWSpositionis close to the coastline, the amount ofreduced sedimentanddeflected sediment isgetting smaller. The ideal position of UWSstructureis between150-350metersfrom the shoreline. coefficientcan be used todeterminethe effect ofsedimentdistribution ratealong thebeachbetterthan thepreviousKmucoefficientbecause it useswidelyvariableandthe flow velocity.

Kata Kunci : siltation,sediment transport,UWS