PENILAIAN TINGKAT KAPABILITAS TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA PENGELOLAAN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI : STUDI KASUS INSPEKTORAT JENDERAL KEMENTERIAN KEUANGAN
GAMAL FEBRI NUGRAHA, Selo S.T., M.T., M.Sc., Ph.D.;Dr. Ir. Eko Nugroho M.Si.
2016 | Tesis | S2 Teknik ElektroPengelolaan layanan teknologi informasi (TI) menjadi penting agar pelaksanaan proses bisnis dapat berjalan dengan lancar. Saat ini, pengelolaan layanan teknologi informasi yang dilakukan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan (Itjen Kemenkeu) masih memiliki banyak permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kapabilitas tata kelola TI pada aspek pengelolaan layanan TI serta memberikan rekomendasi aktivitas yang sesuai dengan kebutuhan organisasi untuk meningkatkan kualitas pengelolaan layanan TI di Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan. Pemilihan proses dilakukan dengan melakukan pemetaan tujuan kaskade COBIT 5. Pada penentuan responden, digunakan RACI Chart untuk memetakan tanggung jawab masing-masing responden, dengan jumlah responden sebanyak enam (6) orang. Metode penilaian yang digunakan dalam mengukur tingkat kapabilitas ini mengacu pada panduan COBIT 5 Process Assessment Model (PAM). Hasil penilaian tata kelola TI pada pengelolaan layanan TI di Itjen Kemenkeu menghasilkan tujuh (7) proses yang dinilai dengan hasil semua proses masih belum mencapai kondisi yang diharapkan. Dari tujuh (7) proses, diketahui lima (5) proses berada pada tingkat 1 (satu) dan dua (2) proses berada pada tingkat 2. Tindakan perbaikan mengacu kepada base practices dan generic practices yang disediakan COBIT 5.
Management of information technology (IT) services becomes important for the implementation of a business process can proceed smoothly. This time, the management of information technology services performed by the Ministry of Finance Inspectorate Generale (MoFIG) still has a lot of problems that didn�t reflected the good governance at management of IT service. The objective at this research is to determine the capability level of IT governance in aspects of IT service management that has been implemented by the MoFIG based on COBIT framework 5. The selection process is mapping by COBIT 5 goals cascade. RACI Chart is used to mapping out the responsibility of each respondent, and the number of respondents is six (6) persons. Assessment method was used in measuring the capability level refers to the COBIT 5 Process Assessment Model (PAM) guide. Assessment results of IT governance at management of IT service at MoFIG resulted seven (7) processess can be assessed. From seven (7) processess, five (5) processess at level 1 and two (2) processess at level 2. The improvement actions refers to the base practices and generic practices in COBIT 5.
Kata Kunci : Tata Kelola Teknologi Informasi, COBIT, Kapabilitas, Layanan Teknologi Informasi