KEMAUAN NASABAH UNTUK MENGGUNAKAN JASA T-BANK, BANK BRI
MUHAMMAD IMAM MUTTAQ, IIN MAYASARI, Dr., M.M., M.Si
2016 | Tesis | S2 ManajemenINTISARI Saat ini Bank tidak cukup hanya mengandalkan keuntungan dari bunga pinjaman saja, akan tetapi harus memulai untuk menawarkan produk perbankan lainnya dan mendapatkan sumber pendapatan lainya (fee based income) yang lebih menguntungkan misalnya menawarkan produk e-banking. Hal ini mendorong Bank BRI, untuk membuat inovasi baru di bidang perbankan, yaitu produk t-bank. Namun, setelah hampir 2 (dua) tahun atau sejak tanggal 20 Juni 2013 diluncurkan, produk tersebut masih jarang digunakan baik oleh nasabah maupun di kalangan pekerja perusahaan itu sendiri. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh faktor persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi risiko keamanan finansial, WOM dari lingkungan sosial dan keluarga dan pengetahuan produk terhadap kemauan nasabah untuk menggunakan jasa T-bank, Bank BRI. Hipotesis dalam penelitian ini diuji secara kuantitatif dengan menggunakan data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Pengujian validitas menggunakan confirmatory factor analysis sedangkan pengujian reliabilitas dilakukan dengan Cronbach alpha. Untuk menguji pengaruh antar variabel dalam penelitian digunakan metode analisis regresi berganda. Penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kegunaan berpengaruh signifikan terhadap kemauan nasabah untuk menggunakan produk T-bank, kemudian pengaruh lainnya didapat dari faktor persepsi risiko keamanan finansial, WOM dari lingkungan sosial dan keluarga dan pengetahuan produk. Kata Kunci : persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi risiko keamanan finansial, WOM, pengetahuan produk dan kemauan untuk menggunakan.
ABSTRACT Currently the bank is not enough just to rely on the advantages of the loan interest only, but should begin to offer other banking products and obtain other sources of revenue (fee-based income) is more advantageous as it offers e-banking products. This encourages the Bank BRI, to create a new innovation in the field of banking, namely products t-bank. But after almost two (2) years, or since the date of June 20, 2013 launch, the product is still rarely used both by customers and among employees of the company itself. The purpose of this study is to analyze the influence of the perception of usefulness, perceived ease of use, risk perception of financial security, WOM from social and family environment and product knowledge to the willingness of customers to use the services of t-bank, Bank BRI. This hypothesis was tested quantitatively, The data were collected by distributing questionnaires to 100 respondents. Testing the validity used confirmatory factor analysis, while reliability testing was conducted using Cronbach alpha. Meanwhile, to test the effect between variables in the study used multiple regression analysis. This study shows that perception of the usefulness has a significant effect on the willingness of customers to use the product t-bank, then other influences are risk perception factors of financial security, WOM from social and family environment and product knowledge. Keywords: perceived usefulness, perceived ease of use, risk perception of financial security, WOM from social and family environment, product knowledge and willingness to use the product.
Kata Kunci : Kata Kunci : persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi risiko keamanan finansial, WOM, pengetahuan produk dan kemauan untuk menggunakan. Keywords: perceived usefulness, perceived ease of use, risk perception of financial security, WOM fro