IDENTIFIKASI MARKETING MIX 4P (PRODUCT, PLACE, PRICE, PROMOTION) TERHADAP STRATEGI PEMASARAN DI INDUSTRI DIAMOND BAKERY DEPOK SLEMAN
ZUKHRUFUN NAIM A, Dr. Ir. Dyah Ismoyowati, M.Sc
2016 | Tugas Akhir | D3 AGRO INDUSTRIPemasaran dijadikan sebagai ujung tombak keberhasilan suatu industri. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam menyusun rencana pemasaran adalah bagaimana menentukan marketing mix 4P dari industri yang dikembangkan. Industri Diamond Bakery merupakan suatu industri yang bergerak dalam bidang makanan yang khusus memproduksi roti. Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengidentifikasi pendapat konsumen tentang marketing mix 4P (Product, Place, Price, Promotion) di industri Diamond Bakery dan memberikan saran perbaikan terhadap industri Diamond Bakery mengenai marketing mix 4P (Product, Place, Price, Promotion). Penelitian ini dilaksanakan dengan cara menyebar kuesioner kepada konsumen industri Diamond Bakery. Dari hasil identifikasi penyebaran kuesioner dapat dilihat mengenai marketing mix 4P di industri Diamond Bakery serta diperoleh perbaikan untuk kemajuan industri di masa sekarang ataupun di masa yang akan datng. Pendapat konsumen tentang marketing mix 4P di industri Diamond Bakery yaitu produk industri ini, salah satunya yaitu roti manis yang memiliki pilihan rasa coklat, keju, semir, dan pisang keju. Roti manis memiliki tekstur yang lembut dan dikemas polos. Lokasi industri ini strategis meskipun tidak berada di jalan utama. Harga roti manis dirasa sangat terjangkau oleh konsumen dengan tetap menjaga kualitas rotinya yaitu Rp 800,00/bungkus dan Rp 1.100,00/bungkus untuk roti dengan dua rasa. Promosi dilakukan dengan gencar melalui cara personal selling atau info dari mulut ke mulut. Ada papan nama industri untuk memudahkan konsumen dalam mencari alamat dan informasi terkait roti manis sehingga lebih mudah dikenal masyarakat secara luas dan merata. Usulan strategi pemasaran untuk industri Diamond Bakery diantaranya adalah: (a) Product, membuat kemasan menjadi lebih menarik, minimal dengan disertakan nama produk, rasa produk, dan bahan pembuat produk; (b) Place, mengembangkan industri dan membuka cabang dengan lokasi yang strategis; (c) Price, mempertahankan harga produk yang terjangkau dengan tetap menjaga kualitas produk, (d) Promotion, membuat akun media sosial untuk memudahkan konsumen dalam mencari informasi terkait industri baik mengenai produk, lokasi, harga, maupun penawaran yang lain.
Marketing as the spearhead of the success of an industry. One of the things that must be considered in drawing up a marketing plan is how to determine the marketing mix 4P from the industry developed. Diamond Bakery industry is an industry that moves in the field of special food producing bread. This research is research that aims to identify the opinions of consumers about the marketing mix 4P's (Product, Place, Price, Promotion) in industrial Diamond Bakery and give advice on improvements to the industry of Diamond Bakery on marketing mix 4P's (Product, Place, Price, Promotion). This research was carried out by means of questionnaires to consumers spread the industrial Diamond Bakery. From the results of the identification of the questionnaire can be seen spread about the marketing mix 4P's Diamond Bakery industry as well asobtained improvements for industrial progress in the present orin the future. The opinion of consumers about the marketing mix 4P's Diamond Bakery industry products, i.e. one that is a sweet bread that has flavors of chocolate, cheese, cheese, and banana Polish. Sweet bread has a soft texture and packed solid. The location of this strategic industry despite not being on a main road. The price of sweet breadproved very affordable by the consumer while maintaining the quality of the bagel that is Rp 800.00/wrap and Rp 1100.00/wrap for bread with two flavors. The promotion is done by repeatedly through personal selling info or Word of mouth. There is anameplate industry to make it easy for consumers to find the address and associated information sweet bread making it easier to widely recognized and prevalent. The proposed marketing strategy for industrial Diamond Bakery which are: (a) the Product, making the packaging becomes more attractive, at least with the included product name, products, and materials manufacturer; (b) Place, develop the industry and open a branch with a strategic location; (c) Price, maintaining an affordable price while maintaining the quality of its products, (d) the Promotion, making social media accounts to make it easier for consumers to find relevant information about industry products, locations, prices, or other offers.
Kata Kunci : Identifikasi Konsumen, Marketing mix 4P , Strategi Pemasaran, Industri Diamond Bakery .