Segmentasi kartu prabayar simpati
DAMAYANTI, Maharani Niken, Dr. BM. Purwanto, MBA
2002 | Tesis | Magister ManajemenDewasa ini perkembangan jasa telekomunikasi seluler di Indonesia semakin marak. Terlebih dengan adanya badai krisis yang melanda Indonesia, banyak operator telpon seluler yang berlomba untuk meluncurkan produknya yang berupa kartu prabayar. Untuk dapat memenangkan persaingan, Telkomsel sebagai salah satu operator telpon selular yang pertama kali melunqurkan produk kartu prabayarnya, harus memahami kebutuhan dan keinginannya pelanggannya. Untuk dapat lebih memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan tersebut maka perlu kiranya bagi Telkomsel melakukan segmentasi pasar. Dengan mengetahui segmen pasarnya Telkomsel dapat mengidentifikasi kelompok-kelompok pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi segmentasi pasar kartu SimPATI dan mengidentifikasi atribut-atribut apakah yang dijadikan pertimbangan konsumen dalam menggunakan kartu SimPATI. Oleh karenanya digunakan analisis faktor untuk meyederhanakan variabel-variabel observasi yang kompleks dan analisis klaster untuk mengelompokkan individu-individu atau obyek-obyek ke dalam klasterklaster yang mempunyai ciri yang sama. Dari penelitian yang dilakukan dihasilkan h a atribut yang menjadi pertimbangan konsumen dalam menggunakan . kartu SimPATI yaitu: pelayanq image, efisiensi, kepastian dan harga produk. Sedangkan untuk penelitian tentang segmentasi pasar berdasarkan gaya hidup konsumen dihasilkan dua segmen yaitu segmen aktif dan segmen pasif Dengan adanya dua segmen yang telah diketahui, penulis memberikan saran agar Telkomsel melakukan pilihan pada satu segmen yang mempunyai pangsa pasar terbesar dan melakukan pengembangan atau diversifikasi produk yang telah disesuaikan dengan karakteristik konsumen dalam segmen tersebut.
Today, cellular telecommunication services have been growing fast in Indonesia. Moreover, with the crisis storm happened in Indonesia, there are many cellular telephone operators compete to launch their products in the form of prepaid cards. It makes competition for grasping the pre-paid card customers are sharper. The existence of heterogeneous customers causes the company cannot service or provide satisfactory services to all customers. It is better for the company to identify the customers’ classes who has different needs of service and/or has different marketing respond. The best approach is to choose the target group and determine their wants by conducting market segmentation. Market segmentation is also performed particularly for the differences of behavior, so that any particular company must have different strategy to reach its target market. This research purpose was to identify the market segmentation of SimPATI card and identi@ what attributes considered by customer in using SimPATI card. The used analytical instruments were factorial analysis to simplify attribute variables used by customers in using SimPATI card of 20 items and 30 items of lifestyle attribute. The market segmentation in this research was based on the lifestyle variable by using cluster analysis to group these individuals or objects into groups that share the same characteristics and responds.’ Based on the factorial analysis result on 20 attributes yielded 5 attributes as the customers’ consideration in using the SimPATI card. They are: service, image, efficiency, certainty and product price.‘ While the cluster analysis on the lifestyle variable resulted in two segments, these are: active and passive segments. By these two segments that have been known, the writer suggested for the Telkomsel to make selection of one segment, which has the largest marketplace and to do development or diversify the product that has been adapted to the customer^' characteristics in that segment.
Kata Kunci : Segmentasi Pasar,Kartu Prabayar Simpati, Segmentation, attributes, factor, cluster, items