Laporkan Masalah

DESAIN SISTEM POWERTRAIN PADA MOBIL LISTRIK NASIONAL (MOLINA)

YODHA BIMA W., Dr. Rachmat Sriwidjaya

2015 | Skripsi | S1 TEKNIK MESIN

Dalam suatu kendaraan, sistem pemindah daya (powertrain) sangat berperan terhadap performa kendaraan. Dimana pada sistem pemindah daya, tenaga yang berasal dari mesin ditransmisikan dengan roda-roda penggerak. Tugas akhir ini secara khusus merancang sistem pemindah daya pada Mobil Listrik Nasional (Molina) Universitas Gadjah Mada. Motor listrik yang digunakan pada perancangan ini adalah BLDC HPEVS-51 108 V /650 A. Daya maksimum yang mampu dihasilkan motor listrik adalah 55,53 kW pada putaran 3000 rpm dan torsi maksimum 185 Nm pada 2600 rpm. Kendaraan ini dirancang dengan kecepatan maksimum 60 km/jam dan percepatan sebesar 2,6 m/s2. Bagian-bagian yang dirancang antara lain adalah : kopling, transmisi, differential, dan drive shaft. Bagian kopling yang dirancang menggunakan kopling tetap. Pada bagian transmisi menggunakan roda gigi satu reduksi dengan perbandingan 1 : 5.

In a vehicle, powertrain system is an important factor of the performance. In the powertrain system, the power that comes from the engine is transmitted into the drive wheels. This final project precisely designs the powertrain system in National Electric Cars (Molina), Universitas Gadjah Mada. The electric motor used in this design is BLDC HPEVS-51 108 V/650 A. The maximum power produced by the electric motor is 55,53 kW at 3000 rpm and a maximum torque of 185 Nm at 2600 rpm. This vehicle is designed with a maximum speed of 60 km/h and acceleration of 2,6 m/s2. The following designed parts are: clutch, transmission, differential and drive shafts. Clutch is designed using fixed coupling and the reduction ratio on the transmission gears is 1: 5.

Kata Kunci : powertrain, transmisi, roda gigi, reduksi, mobil listrik