Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian kartu ponsel IM3 bagi mahasiswa di Yogyakarta
WIJAYANTO, Hery Agung, Dra. Sari Winahjoe, MBA
2002 | Tesis | Magister ManajemenKartu IM3 merupakan kartu telepon seluler berbasis GSM 1800 yang dikeluarkan oleh PT. Indosat. Kartu ini mulai Qpasarkan terutama untuk segmen mahasiswa dan ABG. Pemilihan segmen ini didasarkan pada statemen manajemen IM3 seperti yang dilangsir oleh beberapa media cetak maupun internet, salah satunya adalah tabloid marketing edisi 21/I/22 November - 5 Desember 2001. Alasan utama pemilihan segmen ini adalah mahasiswa dan ABG merupakan pasar potensial yang belum digarap secara khusus oleh provider kartu seluler sebelumnya. Peluncuran perdana kartu IM3 tampak sukses, namun sejumlah pengamat pemasaran menyatakan ada beberapa kendala yang dihadapi oleh IM3 dalam menggarap segmen mahasiswa dan ABG ini, mengmgat gaya hidup dan latar belakang mahasiswa sangat unik dan dinamis. Pennasalahan utama yang dihadapi oleh IM3 adalah faktor gaya hidup dan demografi apa yang selama ini berpengaruh terhadap keputusan pembelian kartu IM3 bagi mahasiswa? Penelitian yang bertujuan untuk menggali karakteristik gaya hidup dan demografi mahasiswa berkaitan dengan keinginannya membeli kartu IM3. Sampel penelitian adalah mahasiswa pengguna kartu IM3 yang ada di Yogyakarta, dengan metode samplingnya adalah convenience random samphg. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup mahasiswa pengguna kartu IM3 terdiri dari 9 (sembilan) kelompok, dimana masing-masing kelompok mempunyai pilihan terhadap atribut produk kartu IM3. Faktor demografi seperti status mahasiswa dan mahasiswa yang sudah bekerja atau belum akan mempunyai perbedaan secara nyata terhadap atribut produk kartu IM3, terutama harga dan manfaat produk . Hasil tersebut dapat digunakan sebagai dasar bagi manajemen IM3 dalam menyusun program bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, distribusi dan promosi, sesuai dengan latar belakang gaya hidup dan faktor demografi tersebut
IM3 card is a cellular phone card that is based on GSM 1800 produced by PT. Indosat. The card starts to be marketed especially to students and teenagers (ABG). The segment selection is based on the IM3 management statement as what is written by most mass media or internet, one of them is marketing tabloid edition 21/I November 2Td ~ December 5fi, 2001. The main reason of the segment selection is that the students and teenagers are the potential market which is not particularly worked on by earlier cellular card providers yet. The Jirst launching of IM3 card seems successful, however a number of marketing observers states that there are several obstacles faced by IM3 in working on this students and teenagers segment, considering that the life style and background of students are very unique and djnamic. The main problems faced by IM3 are the lfe style factor and what demography that have an influence on the decision to buy the IM3 card for students. This research aims to explore the characteristic of the lfe style and students demography related to their desires to buy the IM3 card. The samples of the research are the students who use IM3 card living in Jog‘akarta, with the sampling method is the convenience random sampling. The results of the research shows that the students’ lfe style of IM3 card users consists of nine groups, in which each group has a choice to the product attribute of IM3 card. The demographic factor like the student status and working or unworking students will have an obvious dflerenck to the product attribute of the IM3 card, especially the price and the utility of the product. The results can be used as a basis for the IM3 management in constituting the marketing mixed program that consisted of product, price, distribution, and promotion, which suits with the background, Ilfe style, and demographic factor. .
Kata Kunci : Perilaku Konsumen,Mahasiswa,Pembelian Kartu Ponsel,IM3, Consumer Behavior will be influenced by many factors, such as demographic and Efe style