Laporkan Masalah

PENGEMBANGAN SKALA EMPATI REMAJA

LAILATUL BADRIYAH, Prof. Dr. Saifuddin Azwar, M.A.

2016 | Tesis | S2 Psikologi

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan skala empati remaja yang valid dan reliabel melalui proses pengembangan skala dan modifikasi item. Landasan teori yang digunakan ialah teori konstruk multidimensional empati oleh Mark H Davis (1980). Teori ini mengkaji empati berdasarkan dua dimensi yang berbeda yaitu kognitif dan emosional/afektif. Masing-masing dimensi dijelaskan berdasarkan empat aspek yang terbentuk yaitu perspective taking dan fantasi (kognitif), serta empathic concern dan personal distress (efektif). Proses pengembangan konstruk dilakukan dengan menyebarkan lembaran questionnaire yang berisi 63 item berdasarkan masing-masing aspek. Sampel penelitian berjumlah 633 siswa. Uji validitas konstruk menghasilkan model yang tidak fit antara data dengan teori, sehingga memerlukan perbaikan alternatif yaitu dengan mengekstraksi faktor baru. Proses memilih item berdasarkan daya diskriminasi >0,35 menghasilkan 17 item dengan estimasi reliabilitas komposit sebesar 0,94. Hasil ekstraksi faktor membentuk 5 faktor baru, masing-masing faktor menghasilkan reliabilitas 0,70 - 0,81. Faktor-faktor yang terbentuk dianalisis ulang menggunakan analisis faktor konfirmatori, sehingga menghasilkan nilai berdasarkan karakteristik goodness of fit RMSEA dan GFI.

This study was aimed to produce a valid and reliable adolescent empathy scale through scale development and item modification. The theoritical basis used was multidimensional empathy constructed theory by Mark H Davis (1980). This theory studied empathy based on two different dimensions, which are cognitive and emotional/affective dimensions. Each dimension is explained by four aspects, which are perspective taking and fantasy (cognitive), and empathic concern and personal distress (affective). Construct development process was conducted by distributing questionnaires containing 63 items based on each aspect. Sample size this research are 633 students. Construct validity test produced a model which doesn't fit between data and theory, requiring an alternative by extracting new factors. The item selection process based on discriminating power of >0,35 produced 17 items with estimation of composit reliability 0,94. The result of factor extractions produced 5 new factors and the reliability of each factor is 0,70 - 0,801. The formed factors were analyzed again by confirmatory factor analysis to produce values based on the goodness of fit characteristic which are RMSEA dan GFI.

Kata Kunci : Pengembangan Skala Empati, Validitas, Reliabilitas