CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) BERBASIS KEARIFAN LOKAL (STUDI KASUS : PENERAPAN NILAI - NILAI FILOSOFIS TRI HITA KARANA DALAM PROGRAM CSR PADA INDUSTRI PERHOTELAN DI BALI)
PUTRI WEDASARI, DR. Muhammad Sulhan, M.Si.;Drs. I Gusti Ngurah Putra, M.A.
2015 | Tesis | S2 Ilmu KomunikasiCorporate Social Responsibility merupakan suatu komitmen pertanggungjawaban sebuah perusahaan terhadap masyarakat serta lingkungan sekitarnya. Salah satu konsep dasar pengimplementasian program Corporate Social Responsibility (CSR) adalah konsep Triple Bottom Line. Konsep Triple Bottom Line terdiri dari profit, people dan planet. Tri Hita Karana merupakan nilai kearifan lokal yang sampai saat ini diterapkan dalam kehidupan sehari - hari pada masyarakat di Bali. Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) berbasis Tri Hita Karana dapat menciptakan hubungan yang harmonis antara manusia dengan Tuhan (Parahyangan), manusia dengan sesama manusia (Pawongan) dan manusia dengan alam lingkungan (Palemahan). penerapan CSR berbasis Tri Hita Karana diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, pelestarian lingkungan serta memperkuat jaringan bisnis yang tidak meninggalkan nilai budaya. Penelitian dilakukan pada 3 hotel berbintang lima di Bali yaitu Grand Hyatt Bali Hotel, Discovery Kartika Plaza Hotel dan Pan Pacific Nirwana Bali Resort. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mengidentifikasi penerapan CSR berbasis Tri Hita Karana pada ketiga hotel tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Peneliti menemukan bahwa peran public relations pada ketiga hotel menunjukan peran sebagai media relations yang berfungsi memberikan informasi tentang kegiatan di hotel. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengimplementasian CSR berbasis Tri Hita Karana pada ketiga hotel tidak hanya menekankan pada dua unsur saja, yaitu keharmonisan hubungan antara perhotelan dengan masyarakat (Pawongan) dan juga perhotelan dengan lingkungan (Palemahan) tetapi juga bertanggung jawab menjaga keharmonisan hubungan manusia dengan Tuhan (Parahyangan). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penyelarasan penerapan CSR berbasis Tri Hita Karana adalah konsep yang memiliki keterkaitan erat dan hubungan yang harmonis antara perhotelan, masyarakat, lingkungan dan hal - hal yang berkaitan dengan Tuhan. Namun pada penerapannya CSR berbasis Tri Hita Karana pada ketiga hotel belum dilaksanakan dengan maksimal padahal dengan pengimplementasian CSR berbasis Tri Hita Karana dapat menunjukan kegiatan bisnis yang tidak lagi hanya terfokus kepada keuntungan (Profit) saja, tetapi secara sadar menjalankan bisnis yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat (Community), ramah lingkungan (Environment) dan sesuai dengan perintah Tuhan Yang Maha Esa (God) sehingga kegiatan bisnis perhotelan mendapat reputasi yang positif dari seluruh publiknya.
Corporate Social Responsibility is a responsibility commitment from a company to a community and also the environment. One of the basic concept from implementation of Corporate Social Responsibility there is triple bottom line concept. Triple bottom line concept consist from a profit, people and planet. Tri Hita Karana is a local wisdom which until now still exist in Bali society daily life. An implementation Corporate Social Responsibility based on Tri Hita Karana could created a harmony relations between people and God (Parahyangan), People with another people (Pawongan) and People with the environment (Palemahan). An implementation Corporate Social Responsibility based on Tri Hita Karana may can giving a positive impact for increased the wealth of society of people, preservation of environment and also to make more stronger the business network which doesn't leaving the value of culture. The research is doing in three five star hotels in Bali there are Grand Hyatt Bali Hotel, Discovery Kartika Plaza Hotel and Pan Pacific Nirwana Bali Resort. The purpose from this research there is to understanding and make a identification from the implementation of CSR based on Tri Hita Karana in that three hotels. The method that used in this research is case study method. The researcher find if the role of public relations in that three hotel showing the role as a media relation with the function to give a information about all activity in the hotels. The result from the research showing that an implementation of CSR based on Tri Hita Karana in three hotels not just emphasized in two unsure there are a harmonization relations between the hospitality with society of people (Pawongan) and harmonization relations the hospitality with the environment (Palemahan) but also have a responsibility to keep a harmonization relations between people and God (Parahyangan). So the conclution from a harmonization implementation of CSR based on Tri Hita Karana there is a concept which have a closed link and a harmony relations between the hospitality, a society of people, an environment and the things which have a link with the God. However in the application of CSR based on Tri Hita Karana in three hotels not yet to doing with maximal meanwhile by the implementation of CSR based on Tri Hita Karana can showing the business activity not just focus to the profit, but also doing the business with awareness which can increased the wealth of the community, friendly with the environment and compatible with the command from The Almighty of God so as the business activity of hospitality can gaining a positive reputation from all their public.
Kata Kunci : Kata Kunci : Corporate Social Responsibility (CSR), Tri Hita Karana, triple bottom line, Public Relations./Keywords : Corporate Social Responsibility (CSR), Tri Hita Karana, triple bottom line, Public Relations.