Pengalaman pasien selama dirawat inap di RS Islam Sukapura
DENTY MEIRA NUSWANTARI, Prof. Dr. Adi Utarini, MSc., MPH., PhD; dr. Trisasi Lestari, M.Med.Sc
2015 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan MasyarakatLatar Belakang: Paradigma baru peran staf medis dalam standart akreditasi rumah sakit yang ke-V yang diterbitkan tahun 2012, berfokus pada patient centered care, hal ini mendorong Rumah Sakit untuk lebih memperhatikan konsep perawatan pasien dengan patient centered care selama perawatan pasien di Rumah Sakit. Aplikasi dari konsep inti patient centered care dapat diketahui melalui pengalaman pasien, dari apa yang mereka rasakan selama menjalani perawatan di Rumah Sakit. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengalaman pasien pasca rawat inap di Rumah Sakit Islam Sukapura dengan 8 dimensi Pasien Centered Care Picker. Metode: Penelitian mengunakan metode cross sectional dengan desain deskriptif analitik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diisi sendiri oleh pasien rawat inap, setelah dua minggu pasien keluar dari rumah sakit (exit survey). Subyek penelitian adalah semua pasien yang pernah dirawat di instalasi rawat inap pada beberapa ruangan di RSI Sukapura ( abuzar 1, abuzar 2, al - ghifari, al - farobi). Pengumpulan data dilakukan melalui interview dengan instrumen yang diadopsi dari Picker Patient questionaire short form. Analisis data; bivariat Hasil : Hasil penelitian menunjukkan pasien dengan pengalaman baik berjumlah 60.6% dan kurang baik berjumlah 39.4%. Pada dimensi koordinasi perawatan pasien dengan pengalaman baik berjumlah 49.4 % dan yg kurang baik berjumlah 50.6%. Jenis pembayaran memiliki hubungan yang bermakna terhadap pengalaman pasien, dengan nilai p- value 0.02 (< 0.05) dengan tingkat kepercayaan 95%, CI 1.12-1.81 dan RP 1.4 menunjukkan pasien pribadi memiliki pengalaman yang lebih baik sebear 1.4 kali dibanding pasien dengan asuransi. Kesimpulan : Dari hasil penelitian didapatkan 60,6% Pasien merasa memiliki pengalaman yang baik dan 39.4% memiliki pengalaman yang tidak baik. Terdapat hubungan yang signifikan antara jenis pembayaran dengan pengalaman pasien secara keseluruhan di rawat inap RSI Sukapura (p < 0.05 ). Kata Kunci: Pengalaman Pasien, Rawat Inap, 8 dimensi picker, perawatan yang berpusat pada pasien
Background: The new paradigm of the role of medical staff in the hospital accreditation standards that all V published in 2012, focuses on patient centered care, This encourages the hospital to pay more attention to the concept of patient care with patient centered care during patient care in hospital. Application of the core concepts of patient centered care can be seen through the experiences of patients, from what they feel during treatment in hospital. Objective: This study aimed to describe the experiences of patients after hospitalization at RSI Sukapura with 8 dimensions Picker Patient Centered Care. Method: Research using cross sectional descriptive analytic design. Data collected by using questionnaires filled out by the patient hospitalized, after two weeks the patient out of the hospital (exit survey). Subjects were all patients who had been treated in inpatient in a few rooms in the RSI Sukapura (Abuzar 1, Abuzar 2, al - Ghifari, al - farobi). Data collected through interviews with the instruments adopted from the Picker Patient short questionaire form. Data analysis; bivariate Result : The results showed patients with a good experience totaled 60.6% and amounted to 39.4% unfavorable. At dimensional coordinate patient care with good experience which amounted to 49.4% and amounted to 50.6% unfavorable. Type of payment has a significant relationship to the experience of patients, with a value of 0.02 p value (<0.05), with a confidence level of 95%, CI 1.12-1.81 and RP 1.4 shows private patients have a better experience sebear 1.4 times compared to patients with insurance. Conclusion: From the results, 60.6% patients felt had a good experience and 39.4% had an experience that is not good. There is a significant relationship between the types of payments with the overall patient experience in inpatient RSI Sukapura (p <0.05). Keywords: Patients experience, Inpatient, 8 dimensions picker, patient-centered care
Kata Kunci : Keywords: Patients experience, Inpatient, 8 dimensions picker, patient-centered care