Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI PT ASURANSI ASTRA BUANA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN INDUSTRI ASURANSI UMUM DI INDONESIA

MULIA KARMA B., Eko Suwardi, Dr., M.Sc., Ak., CA.

2015 | Tesis | S2 Manajemen

PT Asuransi Astra Buana (Asuransi Astra) adalah sebuah perusahaan asuransi umum dan merupakan salah satu anak perusahaan dalam Grup Astra. Pada tahun 2014, portofolio utama perusahaan terdiri dari enam lini asuransi, yaitu kendaraan bermotor, harta benda, alat berat, kesehatan, pengangkutan laut dan rangka kapal laut; keenam lini asuransi tersebut memberikan kontribusi tidak kurang dari 95,0% perolehan premi bruto. Lini asuransi kendaraan bermotor sebagai kontributor terbesar terhadap perolehan premi perusahaan terus mengalami penurunan pangsa pasar premi bruto, sedangkan kenaikan pada beberapa lini asuransi lainnya tidak cukup kuat untuk mengimbangi penurunan tersebut, sehingga pangsa pasar Asuransi Astra secara keseluruhan tidak menunjukkan peningkatan yang berarti. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi yang dipakai oleh Asuransi Astra, menganalisis kondisi lingkungan eksternal serta mengidentifikasi daya dorong industri dan faktor-faktor sukses kunci dalam industri asuransi umum di Indonesia, menganalisis kondisi lingkungan internal serta mengidentifikasi sumber daya dan kompetensi inti Asuransi Astra, dan pada akhirnya mem-formulasi-kan strategi alternatif bagi Asuransi Astra dalam menghadapi persaingan industri asuransi umum di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa apabila tidak dilakukan perbaikan strategi, posisi srategis Asuransi Astra secara relatif akan semakin lemah dan dalam jangka waktu panjang dapat tersingkir dari persaingan. Strategi utama yang relevan adalah penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. Sedangkan strategi generik tergantung pada karakteristik masing-masing produk, yang terdiri dari strategi berbiaya-rendah, strategi biaya-terbaik, dan strategi fokus berbiaya-rendah. Tidak diragukan lagi bahwa Asuransi Astra memiliki faktor sukses kunci dalam industri asuransi: kekuatan keuangan, manajemen underwriting, manajemen klaim, dan manajemen investasi. Asuransi Astra juga memiliki sumber daya dan kapabilitas yang menjadi sumber keunggulan kompetitif: dukungan Grup Astra, kekuatan finansial perusahaan, kapasitas perusahaan dalam menerima risiko, dan reputasi perusahaan. Tentunya penting untuk mempertahankan bahkan mengembangkan kompetensi inti yaitu keahlian underwriter dan manajemen klaim.

PT Asuransi Astra Buana (Asuransi Astra) is a general insurance company and is one of the subsidiaries in the Astra Group. In 2014, the main company portfolio consists of six line of businesses, namely, motor vehicle, property, heavy equipment, medical, marine cargo and marine hull, those are contributing at least 95.0% of gross premium income. Motor vehicle insurance is the top contributor of gross premium income unfortunately the market share is decreasing. Despite some other line of business have been growing, it is unfortunate that such growth have not been being strong enough to offset, hence Asuransi Astra market share has not been showing a significant increase. This study aims to evaluate the strategies of Asuransi Astra, analyzing external factors as well as identifying the industry key drivers and key success factors in the Indonesian general insurance market, analyzing internal factors and identifying resources and core competencies of Asuransi Astra, and finally formulating of alternative strategies for Asuransi Astra to suceed the competition in Indonesian general insurance market. It is obvious that Asuransi Astra will be losing its strategic position without improving the strategy. Asuransi Astra should adopt new powerfull alternative strategies otherwise it will find itself out of the market. The suggested grand strategies are market penetration, market development and product development, while generic strategy will be depending on the characteristics of line of business, ranging from low-cost, best-cost strategy, and focused low-cost strategy. Asuransi Astra definitely has the key succes factors in insurance industry: financial strength, underwriting management, claims management and investment management. Furthermore, Asuransi Astra also has resources and capability as source of competitive advantage: support from Astra Group, financial strength, capacity to absorp the risk, and also company reputation. It is important to maintain and even develop core competences, i.e. underwriters expertise and claims management.

Kata Kunci : analisis strategi, manajemen strategis, strategi, strategi utama, strategi generik, asuransi, asuransi umum