Laporkan Masalah

PERBEDAAN PENGETAHUAN MENSTRUASI SEBELUM DAN SESUDAH PEMBERIAN BUKU SAKU PADA SISWI KELAS VII MTS AN-NUR NGRUKEM BANTUL

AYUNINAL MAHBUBAH, Yani Widyastuti, S. SiT, M. Keb; Murni, S. SiT, S. Pd., MSc.

2015 | Tugas Akhir | D4 BIDAN PENDIDIK

Latar Belakang: Pengetahuan menstruasi sejak dini sangat diperlukan bagi para remaja putri karena akan mendorong remaja yang mengalami gangguan menstruasi agar mengetahui dan mengambil sikap penanganan yang terbaik mengenai permasalahan reproduksi yang mereka alami. Pengetahuan menstruasi ini bisa didapatkan dari berbagai sumber, salah satunya yaitu media cetak, seperti buku saku. Menurut hasil wawancara pada sepuluh siswi kelas VII di MTs An-Nur Ngrukem Bantul, mereka mengaku belum pernah mendapat pengetahuan yang detail dan jelas tentang menstruasi, dan mengaku mengalami ketakutan saat menarche. Berdasarkan hal tersebut, penulis ingin meneliti adanya perbedaan pengetahuan menstruasi sebelum dan sesudah pemberian buku saku pada siswi kelas VII MTs An-Nur Ngrukem Bantul. Tujuan: Untuk mengetahui perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah pemberian buku saku pada siswi kelas VII MTs An-Nur Ngrukem Bantul Yogyakarta Metode: Metode penelitian adalah pre experimental design dengan rancangan pre test post test one group design. Populasi target dalam penelitian penelitian ini adalah seluruh siswi (perempuan) kelas VII MTs An Nur yaitu sebesar 75 siswi. Sedangkan populasi terjangkau adalah seluruh siswi kelas VII MTs An Nur yang hadir pada saat pengumpulan data dilakukan. Pengambilan sampel dilakukan di MTs An-Nur Ngrukem pada tanggal 29 Agustus 2015 dengan sampling jenuh sebanyak 73 siswi yang hadir. Data diperoleh dari lembar kuesioner yang berisi soal pretest dan posttest tentang pengetahuan menstruasi. Analisis data menggunakan uji paired sample T test. Hasil: Analisis statistik terhadap mean nilai pretest sebesar 82,00 dengan standar deviasi 8,305 dan posttest sebesar 90,42 dengan standar deviasi 5,344. Selisih diantara mean nilai pretest dan mean nilai posttest sebesar -8,425 dengan hasil p=0,000 (p<0,05) yang berarti terdapat perbedaan yang bermakna secara statistik pada pengetahuan menstruasi sebelum dan sesudah pemberian buku saku. Kesimpulan: Ada perbedaan pengetahuan menstruasi sebelum dan sesudah pemberian buku saku pada siswi kelas VII MTs An-Nur Ngrukem.

Background: Knowledge of early menstruation is indispensable for the girls as it would encourage teenagers who experience menstrual disorders in order to find out and take a stand regarding the best treatment for re3productive problem they have experienced. Knowledge of menstruation can be obtained from various sources, one of which is the print media, such as a paperback book. According to interviews in ten students of class VII Junior High School An-Nur Ngrukem Bantul, they claim to have never received clear and detailed knowledge about menstruation, and reported experiencing fear at menarche. Based on this case, the author wanted to examine the differences in knowledge of menstruation before and after administration of a pocket book on student class VII Junior High School An-Nur Ngrukem Bantul. Objective: To determine differences in knowledge before and after administration of a pocket book on student class VII Junior High School An-Nur Ngrukem Bantul Yogyakarta. Methods: The research method is a pre-experimental design with pre test - post test one group design. The target population in this research is the whole student (female) on class VII Junior High School An Nur by 75 students. While the population affordable is all students of class VII Junior High School An Nur who present at the time of data collection is done. Sampling was done in Junior High School An-Nur Ngrukem on August 29, 2015 with the saturation sampling for 73 attended students. Data were obtained from the questionnaire containing questions about the knowledge of pretest and posttest periods. Data analysis used paired sample T-test. Results: Statistical analysis of the mean of pretest value is 82.00 with a standard deviation of 8.305 and a posttest at 90.42 with a standard deviation of 5.344. The difference between the mean of pretest and value the posttest is -8.425 with the result p = 0.000 (p <0.05), which means there is a statistically significant difference in the knowledge of menstruation before and after administration of a paperback book. Conclusions: There is a difference in the knowledge of menstruation before and after administration of a handbook on student of class VII Junior High School An-Nur Ngrukem.

Kata Kunci : Pengetahuan, Menstruasi, Buku Saku