Pengaruh Brand Image, Brand Trust, dan Availability pada Brand Loyalty Konsumen Plester Hansaplast
RENI HAPSARI, Ike Janita Dewi, Dr., M.B.A.
2015 | Tesis | S2 ManajemenPenelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, brand trust, dan availability pada brand loyalty konsumen plester Hansaplast yang kini pada kategori plester sudah disesaki oleh berbagai macam merek plester. Responden pada penelitian ini adalah konsumen plester Hansaplast yang ada di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Setelah dilakukan pengumpulan data, selanjutnya data dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel brand image dan brand trust berpengaruh positif dan signifikan pada brand loyalty konsumen plester Hansaplast, sedangkan variabel availability berpengaruh negatif dan tidak signifikan pada brand loyalty konsumen plester Hansaplast. Penelitian ini diharapkan dapat memperkaya implikasi manajerial bagi Hansaplast dalam rangka membangun hubungan konsumen dengan merek. Selain harus membangun brand image dan brand trust, Hansaplast harus melihat pula pesaing yang berusaha merebut pangsa pasarnya agar dapat terus bertahan dan mendapatkan keuntungan ekonomi.
This research aims to understand the effects of brand image, brand trust, and availability towards brand loyalty in Hansaplast plester consumers which plester category is now filled by other plester brands. Respondens on this research are Hansaplast plester consumers in DKI Jakarta and around. After collecting the data, then will analyze further using multiple linear regression. Result of this research shows that brand image and brand trust variable directly have a positive effects and significantly affect on brand loyalty in Hansaplast plester consumers, while availability has negative effects and not significantly affect on brand loyalty in Hansaplast plester consumers. This research is expected to enrich managerial implication for Hansaplast in order to built consumer relationship and also engage with the brand. In addition to developed brand image and brand trust, Hansaplast must be aware to the competitors who is trying to take its market share, in order to survive and get the economic advantages.
Kata Kunci : Brand image, brand trust, availability, dan brand loyalty.