Laporkan Masalah

Formulasi Strategi Pada PT Kelola Jasa Artha

ADITYA NANDI W. P., Gudono

2015 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis strategi bersaing seperti apakah yang seharusnya diterapkan oleh PT Kelola Jasa Artha. PT Kelola Jasa Artha sendiri adalah sebuah perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang cash management dan money distribution service kepada bank maupun organisasi umum yang membutuhkan jasa pengelolaan uang tunai (ritel). Kegiatan utama terbagi kedalam proses dari produk jasa yang ditawarkan, yaitu pengantaran dan penjemputan uang tunai, sortasi uang, penyimpanan uang, pengisian ATM dan pelayanan pelanggan. Dalam pelaksanaan kegiatannya, PT Kelola Jasa Artha didukung oleh Bank Indonesia, penyedia jasa pengawalan (TNI/Polri), penyedia jasa tenaga kerja, gedung, mesin & alat kerja, serta kendaraan operasional. Penelitian ini menganalisis lingkungan eksternal dan internal perusahaan untuk mengetahui faktor keberhasilan dalam menghadapi perubahan yang ada. Riset ini dilakukan untuk mengetahui strategi yang diperlukan untuk perkembangan PT Kelola Jasa Artha sebagai perusahaan yang menyediakan layanan dibidang cash management service, agar PT Kelola Jasa Artha dapat tetap menjaga posisinya di antara pesatnya persaingan - persaingan perusahaan cash management service. Penulis menggunakan tools seperti PEST Analysis, Porter Five Forces, SWOT Analysis dan EFAS/IFAS Matrix dan Internal / Eksternal Matrix untuk mengetahui situasi internal dan eksternal perusahaan untuk kemudian memberikan rekomendasi strategi kepada perusahaan berdasarkan strategic matching dari SWOT Matrix dan Internal / External Matrix. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan strategic matching yang dicapai adalah terdapat dua rekomendasi strategi yaitu pengembangan produk dan penetrasi pasar. Strategi ini cocok untuk diterapkan perusahaan karena PT Kelola Jasa Artha berada dalam posisi Hold & Maintain di kuadran internal/eksternal matriks dan termasuk dalam kuadran pertumbuhan di matriks SWOT sehingga perusahaan masih mampu tumbuh dan berkembang kedepannya dengan situasi lingkungan internal dan eksternal yang dihadapi sekarang.

This research has a purpose to analyze the competitive strategy that should be applied on PT Kelola Jasa Artha. PT Kelola Jasa Artha is a private company that involved in cash management and money distribution service to bank and retail service. The main action plan is divided to the product and service the company offered, cash money pick up and delivery service, cash sortation, cash storage or vault, ATM machine cash replenishment and customer service. In the business process, PT Kelola Jasa Artha was backed up by Bank Indonesia and escort service from National police or army, operational vehicle and supporting machine such as cash sortation machine. This research is analyzing the external and internal environment of the company to know the success factor in order to face the dynamic challenge of the business environment. This research has a purpose to know what is the best strategy for PT kelola Jasa Artha in order for them to keep competitive ahead of the competitors in cash management service industry. The author use tools such as PEST Analysis, Porter Five Forces, SWOT Analysis, EFAS/IFAS Matrix and Internal/External Matrix to figure out the internal and external situation of the company and then to give the best strategy recommendation based on the strategic matching between SWOT Matrix and Internal/External Matrix. The conclusion of this research is based on the strategic matching there are two kinds of recommended strategy, product development and market penetration. This strategy is suitable because based on strategic matching; PT Kelola Jasa Artha is on Hold & Maintain position on Internal/External Matrix quadrant and on SWOT Matrix the company is on the first quadrant that supports the aggressive strategy. This are the proof that this company still have good opportunity to grow and build in the current internal and external business environment.

Kata Kunci : PEST Analysis, Porter Five Forces, SWOT Analysis, SWOT Matrix, Internal / External Matrix, Cash Management.

  1. S2-2015-358164-abstract.pdf  
  2. S2-2015-358164-bibliography.pdf  
  3. S2-2015-358164-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2015-358164-title.pdf