Laporkan Masalah

Analisis Perilaku Konsumen Terhadap LPG Bersubsidi Di Indonesia

JONI FERNANDES , Dr. Rimawan Pradiptyo, M.Sc.

2015 | Tesis | S2 SAINS ILMU EKONOMI

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk mengkonsumsi LPG bersubsidi, pengetahuan konsumen tentang harga eceran resmi LPG bersubsidi serta pengetahuan konsumen bahwa LPG 3 Kg disubsidi oleh pemerintah Indonesia. Penelitian ini menggunakan survey logistic regression (svy logit) sebagai metode analisisnya. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari Survei Sosial Kemasyarakatan yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada awal bulan Agustus 2014. Sampel dari survei tersebut adalah 2.899 responden untuk seluruh wilayah Indonesia yang dibagi sesuai proporsi populasi tiap provinsi. Hasil penelitian menemukan bahwa hampir 70% dari 2899 responden merupakan konsumen LPG bersubsidi dan 50,87% dari seluruh konsumen tersebut merupakan kalangan strata ekonomi menengah keatas. Dengan demikian pemberian subsidi terhadap produk LPG tidak tepat sasaran dan dinikmati oleh kalangan yang tidak tepat secara ekonomi. Hubungan antara pendapatan (income) terhadap konsumsi LPG bersubsidi positif dan signifikan sehingga, Semakin tinggi income maka semakin tinggi probabilitas masyarakat untuk mengkonsumsi LPG bersubsidi. Warga perkotaan lebih cenderung untuk mengkonsumsi LPG bersubsidi sebesar (0,331) dibandingkan warga yang berdomisili di pedesaan. Hal ini menunjukkan bahwa apabila pemerintah menaikkan harga LPG bersubsidi, maka masyarakat yang tinggal di kota akan akan terdampak 33% lebih besar dibanding masyarakat yang tinggal di desa.

The aim of this study is to analyze the main factors of consumer's decision to consume subsidized LPG, consumer knowledge about the official retail price of subsidized LPG and consumer knowledge that the 3 kg LPG is subsidized by the government of Indonesia. This study uses survey logistic regression (SVY logit) as a method of analysis. The data used in this study is sourced from Public Social Survey conducted by Lembaga Survei Indonesia (LSI) at the beginning of August 2014. Sample weight is 2,899 respondents for the whole of Indonesia are divided in proportion to the population of each province. The results found that nearly 70% of 2899 respondents is consumers of subsidized LPG and 50.87% of these consumers is among the middle to upper of economic stratum. Accordingly the provision of subsidies on LPG products are not right on target and more enjoyed by among those who are not economically appropriate. The relationship between income on consumption of subsidized LPG positively and significantly so, a person's income, the higher the probability for consuming public subsidized LPG will be higher. Urban citizens are more likely to consume subsidized LPG amounted to (0.331) than the citizens which is domiciled in rural areas. This suggests that if the government reform the price of subsidized LPG, the people living in urban will be affected larger 33% than the people who live in rural.

Kata Kunci : Perilaku konsumen, Pengetahuan Konsumen, Subsidi, Elpiji, Survey Logistic Regression, logit.