Laporkan Masalah

EVALUASI STRATEGI BERSAING PT ASHIMAS FLAT GLASS TBK.

FRANSSOKA YUNUS SUMARWI, Bambang Riyanto L.S., Prof., Dr., MBA., Ak., CA.,

2015 | Tesis | S2 Manajemen

PT Asahimas Flat Glass Tbk. adalah suatu perusahaan yang menjalankan usaha dibidang industri kaca lembaran dan kaca pengaman otomotif. Sejak didirikan pada tahun 1971, produsen pelopor kaca lembaran di Indonesia ini mengalami pertumbuhan ekonomi yang sangat positif hingga mencapai rata - rata 8 persen - 10 persen setiap tahunnya. Hasil tersebut dihasilkan dari peningkatan pertumbuhan industri sektor konstruksi dan sektor otomotif, yang mencapai hingga 15 persen hingga tahun 2014. Namun demikian, peningkatan pertumbuhan ekonomi PT Asahimas Flat Glass Tbk. tersebut diperoleh dari penyesuaian harga jual produknya dan bukan dari peningkatan penjualan jumlah unit produk kaca lembaran yang hanya mencapai rata - rata sebesar 4 persen setiap tahunnya. Tidak salah bagi PT Asahimas Flat Glass Tbk. untuk melakukan penyesuaian harga jual, tetapi dalam waktu yang bersamaan, PT Asahimas Flat Glass Tbk. seharusnya juga mengembangkan kemampuannya untuk meningkatkan penjualan unit produk kaca lembarannya. Seiring dengan meningkatnya kondisi persaingan pada pasar domestik dari industri kaca lembaran dan dengan belum diiringi dengan peningkatan kemampuan penjualan unit produk PT Asahimas Flat Glass Tbk., tentu dapat menjadi ancaman bagi pertumbuhan ekonomi PT Asahimas Flat Glass Tbk. di kemudian hari. Penulis melakukan analisa terhadap kondisi persaingan dalam pasar kaca lembaran domestik dan strategi yang diterapkan oleh PT Asahimas Flat Glass Tbk. dalam menghadapi persaingan tersebut. Penelitian kualitatif ini dilakukan atas informasi yang tersaji pada laporan tahunan dan laporan keuangan dari tahun 2008 hingga 2014 serta data - data lain yang terkait dengan sistem pemasaran, distribusi dan sumber daya manusia. Atas analisis yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa: Dari analisis karakteristik industri diperoleh bahwa pertumbuhan sektor industri konstruksi dan industri kendaraan bermotor berdampak positif pada tingginya permintaan akan kebutuhan kaca lembaran. Selanjutnya, terhadap tingkat persaingan yang terjadi antar perusahaan, kekuatan tawar menawar pembeli dan pemasok serta ancaman calon pendatang baru sangat tinggi, sedangkan ancaman produk substitusi lemah. Dengan ketatnya kondisi persaingan pada industri kaca lembaran domestik saat ini dan melihat strategi yang diterapkan, PT Asahimas Flat Glass Tbk. disarankan untuk merencakan ulang strategi produksinya dengan mempertimbangkan untuk menghasilkan suatu lini produk yang baru yang juga dapat dihasilkan dari bahan baku kaca lembaran, meningkatkan jumlah jaringan distribusi sehingga tidak mengandalkan satu jalur distribusi saja, menciptakan suatu sistem interaktif yang memanfaatkan teknologi internet untuk melakukan pemasaran dan penjualan serta menjadwalkan ulang strategi pengembangan dan pengelolaan sumber daya manusianya.

PT Asahimas Flat Glass Tbk. is a business entity who run the business of flat glass and automotive safety glass industry. Since it was established on 1971, the pioneer of flat glass producer in Indonesia having a positive growth on average until 8 percent - 10 percent annually. Such positive results was contributed from the highly growth of construction and automotive industry to 15 percent by the end of 2014. Nevertheless, such positive growth of PT Asahimas Flat Glass Tbk. was achieved from the adjustment of selling price instead of the increment of unit sales of flat glass product which only reached 4 percent annually. It was not a fault that PT Asahimas Flat Glass Tbk. adjusted the selling price, however at the same time PT Asahimas Flat Glass Tbk. should also develop its ability to increase the unit sales of flat glass products. Along with the increased competition in flat glass domestic market and not accompanied by increased capability to sale the product of PT Asahimas Flat Glass Tbk., certainly can be threat to PT Asahimas Flat Glass Tbk. economic growth in the future. Writer performed an analysis towards competition outlook in the domestic market and strategies which implemented by PT Asahimas Flat Glass Tbk. in order to deal with the competition. This qualitative research was carried on from the information provided in the annual report and financial report from 2008 until 2014 as well as other data related to the marketing system, distribution and human resources. Upon the analysis which was performed, it has concluded that: From the analysis of industrial characteristics, it was obtained that the growth of construction sector and automotive sector making a positive contribution to the high demand of flat glass product. Furthermore, towards the competition between the competitors, bargaining power of buyer and supplier as well as the threat of prospective new entrants are very high, but the threat of subtitute product is very low. with the thight competitive conditions on domestic flat glass industry at present and looking at to the strategy which was implemented by PT Asahimas Flat Glass Tbk., it was suggested to re-plan the production strategy by considering to establish new business line which can be produced by the same material with flat glass, to create interactive systems which utilizing the internet technology to perform marketing and selling as well as to re-schedule the development strategy and human resources management.

Kata Kunci : Persaingan, Peningkatan Pertumbuhan, Penjualan, Pemasaran, Internet, Sumber Daya Manus