ANALISIS STRATEGI PROMOSI TABUNGAN TAHAPAN PADA PT. BANK CENTRAL ASIA Tbk. KANTOR CABANG UTAMA YOGYAKARTA
GILANG WAHYU STYADI, Dra.Wahyu Hidayati, M.Si; Latri Wihastuti, SE., M.Sc.
2015 | Tugas Akhir | D3 EKONOMIKA TERAPAN SVPenulisan tugas akhir ini disusun dengan tujuan untuk memahami macam strategi promosi tabungan tahapan BCA beserta menganalisis macam strategi promosi yang sangat berpengaruh terhadap tabungan tahapan BCA. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara sesuai dengan topik penulisan. Sumber data yang digunakan meliputi sumber data primer dan skunder. Berdasarkan hasil analisis maka di peroleh kesimpulan bahwa pertama public relation (hubungan masyarakat) yaitu hubungan public eksternal, kedua iklan yaitu dengan media cetak dan digital, ketiga melalui sales promotion yaitu dengan cara program tahapan BCA, keempat melalui direct marketing (pemasaran langsung) yaitu dengan masuk ke komonitas tertentu kemudian yang terakhir adalah dengan personal selling (penjualan pribadi) melalui marketing product, cutomer service, teller serta seluruh staff BCA. Kemudian kesimpulan kedua adalah strategi promosi yang paling berpengaruh pada tabungan tahapan BCA ialah promosi melalui iklan yaitu di pilih oleh 11 responden dari 30 responden atau 36 persen. Saran yang diberikan oleh adalah; melakukan perubahan dalam tampilan iklan-iklan BCA baik itu dari print ad, radio, maupun iklan TV sehingga tidak monoton serta membuat iklan yang dapat membangun rasa penasaran audiens-nya. Iklan lebih eye-catching dan lebih heboh.
Thesis is organized with the aim to understand the kind of promotional strategies and their savings BCA stages of analyzing the kinds of promotional strategies influence on savings BCA stages. Methods of data collection using questionnaires and interviews in accordance with the topic of writing. Data sources used include the primary and secondary data sources. Based on the results of the analysis of the obtained conclusion that the first public relations (public relations), namely the relationship of public external, both ads is to print and digital, third through sales promotion that is the way the program phases of the BCA, the fourth through direct marketing (direct marketing) is to enter into certain komonitas then the last one is the personal selling (private sales) through product marketing, cutomer service, teller as well as the entire staff of the Bank. Then the second conclusion is that the most influential promotional strategy at BCA stages savings promotion through advertising which is chosen by 11 respondents from 30 respondents, or 36 percent. Is the advice given by; changes in display ads BCA either of print ad, radio, or TV ads so monotonous and make ads that can build its audience's curiosity. More eye-catching ads and more excited
Kata Kunci : strategi promosi Tabungan BCA, bauran promosi, analisis SWOT