TUGAS AKHIR PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN CV. ANUGRAH SUKSES MANDIRI DENGAN METODE SWOT
DEDIRVAN ZEGA, Ratih Hardiyanti, STP, M.Eng, Diklusari Isnarosi Norsita, STP, M.Si
2015 | Tugas Akhir | D3 AGRO INDUSTRIPerumusan strategi pemasaran bertujuan untuk menganalisa posisi perusahaan dalam kuadran SWOT dan memberikan saran alternatif solui perbaikan strategi pemasaran CV. Anugrah Sukses Mandiri berdasarkan hasil analisa SWOT. Adanya analisa strategi pemasaran ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam usaha- usaha yang harus dilakukan sehingga untuk periode selanjutnya dapat dilakukan peningkatan penjualan serta dapat dicapai efisiensi dan efektivitas perusahaan tersebut dalam upaya untuk memenuhi permintaan masyarakat. Metode yang digunakan pada Tugas Akhir ini adalah perumusan strategi pemasaran dengan mengunakan analisa SWOT. Dalam hal ini, data yang dibutuhkan untuk perumusan strategi pemasaran dengan metode pengamatan (Observasi), metode wawancara, (Interview), kuesioner, penentuan jumlah responden, cara pemilihan responden dan metode studi pustaka. Kemudian, metode yang digunakan dalam analisis data dalam penelitian ini dengan statistik deskriptif, analisa kualitatif, dan analisa kuantitatif dengan bantuan Software SPSS versi 16. Sehingga dapat diketahui tingkat profitabilitas perusahaan CV.Anugrah Sukses Mandiri. Berdasarkan hasil dari Tugas Akhir ini menunjukkan bahwa posisi perusahaan CV. Anugrah Sukses Mandiri dalam kuadran SWOT berada pada kuadran I dengan titik ordinat (0,25 ; 0,35) artinya, CV.Anugrah Sukses Mandiri dapat menggunakan kekuatan yang dimiliki untuk mendapatkan peluang sebanyak-banyaknya. Rekomendasi strategi yang diusulkan adalah memanfaatkan kekuatan yang dimiliki perusahaan untuk meraih peluang pasar guna meningkatkan profit perusahaan dan mengurangi kelemahan serta meminimalisir ancaman.
The formulation of marketing strategies aimed to analyze the company's position in the quadrant SWOT and suggest alternative marketing strategies solui improvement CV. Anugrah Sukses Mandiri based on the results of SWOT analysis. The existence of a marketing strategy analysis is expected to help the company in efforts to do so for the next period can be done by increased sales and achieved the efficiency and effectiveness of the company in an effort to meet the public demand. The method used in this final project is the formulation of a marketing strategy by using SWOT analysis. In this case, the data required for the formulation of a marketing strategy by the method of observation (Observation), interviews, (Interview), questionnaires, determining the number of respondents, the election of the respondent and literature study method. Then, the methods used in the analysis of the data in this study with descriptive statistics, analysis of qualitative and quantitative analysis with the help of SPSS software version 16. So that can know the level of profitability of the company CV.Anugrah Sukses Mandiri. Based on the results of this final project shows that the position of the company CV. Success Anugrah Mandiri in SWOT quadrant is in quadrant I with ordinate point (0.25; 0.35) means, CV.Anugrah Sukses Mandiri can use the strength to get as many opportunities. Recommendations proposed strategy is to harness the power of the company to seize market opportunities in order to increase company profit and reduce the weaknesses and minimize threats.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Matriks SWOT, Kuadran SWOT