Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI PELAYANAN SERVIS MOTOR DAN PENJUALAN SUKU CADANG BENGKEL HADI MOTOR

SEPTIAN ADLI RAHARJO, Paramita Her Astuti, S.E., M.Sc

2015 | Tugas Akhir | D3 MANAJEMEN SV

Bengkel Hadi Motor telah berdiri selama 5 bulan dari bulan Februari - Juni, yang terletak dijalan Kusuma Bangsa No. 22, Yogyakarta. Bengkel Hadi Motor melayani service motor dan penjualan spare part dari 3 industri motor diantaranya; Honda, Yamaha dan Suzuki. Bengkel Hadi Motor memiliki strategi dalam melakukan pelayanan service motor terhadap konsumen dalam menghadapi kompetitor bengkel lainya. Strategi yang digunakan oleh Bengkel Hadi Motor dalam melayani konsumen dan pelangganya adalah dengan memprioritaskan kepercayaan konsumen dan kualitas dari pelayanan service motor tersebut. Banyak konsumen yang merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Bengkel Hadi Motor, karena pemilik dan mekanik melayani pelanggan dengan jujur dan ramah setiap harinya. Kepercayaan merupakan kelebihan dari Bengkel Hadi Motor yang jarang dimiliki oleh kompetitor bengkel lainya, sehingga hampir setiap hari Bengkel ramai dikunjungi oleh pelanggan tetap dan konsumen lainya. Kualitas service yang dilakukan oleh Bengkel Hadi Motor juga sangat dirperhatikan, service yang dilakukan secara detail dengan meninjau keseluruhan kondisi motor konsumen saat melakukan service. Kualitas Spare part yang dijual oleh Bengkel Hadi Motor adalah kualitas yang baik, yaitu spare part original dan bukan imitasi agar tidak merugikan konsumen dan pelanggan lainya. kata kunci: suku cadang

Hadi Motor workshop has been established for 5 months from February to June, which is located in Kusuma Bangsa No. 22, Yogyakarta. Hadi motor provides motorcycles maintenance and spare parts from three motor industry including; Honda, Yamaha and Suzuki. Hadi Motor has a strategy in services of motorcycle for consumers and beat their competitors. The strategy that used by Hadi Motor in serving consumers and the subscriber is to prioritize consumer confidence and quality of service. Many consumers are satisfied with the services, as the owner and mechanic serving customers with honest and friendly everyday. Belief is an advantage of Hadi Motor compared to other competitors, thus making they are visited by customers almost everyday. The quality of service is very concerned by them, service is done in detail by reviewing the overall condition of the motorcycle during their maintenance. The quality of spare parts that are sold is good, thus are the original and not an imitation so it is harmless.

Kata Kunci : spare parts