RAMAYANA BALLET PRAMBANAN AS A LEARNING MEDIA: A STUDY OF FIELD TRIP OF SMP PGRI 1 BEKASI AND SMP PANGUDI LUHUR YOGYAKARTA IN APRIL 2015
RICHARD SURYADI P, Dewi Cahya Ambarwati, S.IP., M.A.
2015 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS SVPenulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui tentang definisi media pembelajaran, fungsi dan peran media dalam proses pembelajaran. Tugas Akhir ini juga bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran yang digunakan oleh Sekolah Menengah Pertama, yaitu metode karya wisata. Metode karya wisata yang dilakukan dengan sebuah pembelajaran melalui pertunjukan Ramayana Ballet Prambanan. Metode yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini yaitu dengan metode pembelajaran lapangan dan metode pembelajaran pustaka. Metode pembelajaran lapangan meliputi observasi, wawancara dan menjadi partisipan di Unit Teater dan Pentas dari PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko sebagai karyawan. Sedangkan metode pembelajaran pustaka diselesaikan dengan menggunakan sumber dari buku tentang media pembelajaran dan menyaksikan pertunjukan Ramayana Ballet Prambanan. Data utama dari Tugas Akhir ini bersumber dari metode pembelajaran lapangan, sedangkan metode pembelajaran pustaka menjadi sumber kedua. Penulisan Tugas Akhir ini meliputi proses belajar siswa dengan metode karya wisata dimana pertunjukan Ramayana Ballet Prambanan digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa. Selain itu, kekurangan dan kelebihan dari penggunaan metode karya wisata serta hasil belajar dari siswa juga dibahas di Tugas Akhir ini.
The writing of this Graduating Paper aims to find out about the definition of learning media, the function and role of media in learning process. This Graduating Paper aims to find out about learning methods which is used by Junior High School, that is field trip method. Field trip method is done by a study through Ramayana Ballet Prambanan performance. The methods which are used in writing this Graduating Paper are field study and library study. Field study includes observation, interview and being participant in Theatre and Performance Unit of PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko as a hospitality servicer. Library study is done by using sources from books and watching Ramayana Ballet Prambanan performance. From the primary data of this Graduating Paper is sourced from field study, while library study became the second source. The writing of this Graduating Paper includes the process of study by using field trip method where is Ramayana Ballet Prambanan performance used as a learning media for students. Moreover, it includes the benefits and weaknesses of using field trip method and learning achievements of students is also discussed in this Graduating Paper
Kata Kunci : Learning Media, Field Trip, Junior High School Students, Ramayana Ballet Prambanan.