Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode Diskusi dan Media Audiovisual terhadap Tingkat Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Siswa SMP Taman Dewasa Jetis Yogyakarta
IRMASTUTI LUKITANING ALAM , dr. Hadianto Ismangoen, Sp.A; Mumtihana Muchlis, S.ST, M.Kes
2015 | Tugas Akhir | D4 BIDAN PENDIDIKLatar Belakang Masalah: Kurangnya pengetahuan kesehatan reproduksi menyebabkan permasalahan pada remaja meliputi seksualitas, HIV/AIDS, dan aborsi. Diperlukan pendidikan kesehatan dengan metode yang lebih menarik untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan reproduksi pada remaja. Dari hasil studi pendahuluan, SMP Taman Dewasa Jetis Yogyakarta termasuk sekolah yang belum mempunyai program PIK-KRR. Tujuan Penelitian: Diketahuinya pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode diskusi dan media audiovisual terhadap tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi siswa SMP Taman Dewasa Jetis Yogyakarta. Metode Penelitian: Desain penelitan ini menggunakan quasi experiment design dengan rancangan pre test-post test with control group design dengan jumlah sampel 64 siswa. Perhitungan sampel menggunakan rumus analitik kategorik tidak berpasangan. Pada kelompok kontrol diberi pendidikan kesehatan dengan metode ceramah dan pada kelompok eksperimen diberi pendidikan kesehatan dengan metode diskusi dan media audiovisual. Pengetahuan kesehatan reproduksi dinilai dari total score item jawaban responden. Hasil dianalisis menggunakan uji wilcoxon. Hasil Penelitian: Tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi pada kelompok kontrol (p-value 0,007). Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi pada kelompok eksperimen (0,001). Simpulan: Didapatkan pengaruh dari pendidikan kesehatan dengan metode diskusi dan media audiovisual terhadap tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi siswa SMP Taman Dewasa Jetis Yogyakarta dengan p-value 0,001.
Background: The lack of the knowledge about reproduction health causes any problems on the youth sexuality, HIV/AIDS and abortion. The need of the health education with any more interesting technique for improving the reproduction health knowledge. From the primary study, Taman Dewasa Intermediate School, Jetis Yogyakarta included the school having no PIK-KRR program. Aim: The influence of the health education known with the discussion method and audiovisual media upon the reproduction health knowledge on the students of Taman Dewasa Intermediate School, Jetis Yogyakarta. Method: The design of the research uses the quasi experiment with the plan of pre test-post test with the control group design with the sample 64 students. The sample account uses the categorical analisa pattern not in a couple. In a control group given some health education with the oral method and in experiment group given the health education with the discussion method and audiovisual media. The knowledge of the health reproduction is marked by the total score item of the reponden answers. The result is analized by wilcoxon test. Result: The health education did�t influence control group (p-0,007). The health education influences experiment group (p-0,001). Conclusion: The influence of the health education with the discussion method and audiovisual media upon the grade of the reproduction health knowledge of the students Taman Dewasa Intermediate School, Jetis Yogyakarta.
Kata Kunci : Kata Kunci: Pendidikan Kesehatan, Metode Diskusi, Media Audiovisual, Tingkat Pengetahuan, Kesehatan Reproduksi