Laporkan Masalah

THE EFFECTIVENESS OF ENGLISH LEARNING PROGRAM IN BUDI MULIA DUA TERBAN KINDERGARTEN

PRATIWI WULANDARI, Dr. Endang Soelistyowati, M.Pd.

2015 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS SV

Budi Mulia Dua Terban merupakan salah satu Taman Kanak-kanak di Yogyakarta yang telah menerapkan Bahasa Inggris dalam proses pembelajarannya yang terdapat pada Sentra Persiapan. Masa taman kana-kanak merupakan saat yang tepat untuk mengajarkan Bahasa Inggris sebagai media komunikasi dan pendidikan karena mereka sedang berada di masa Golden Age. Untuk mengaplikasikan pembelajaran Bahasa Inggris, tentunya sekolah harus memilih metode pembelajaran yang menarik agar apa yang diajarkan pada anak dapat diterima dan dipahami dengan baik, serta memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam proses pembelajaran. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengidentifikasi keefektifan program pembelajaran Bahasa Inggris di Budi Mulia Dua Terban dan juga mendiskusikan solusi atas kekurangan yang terdapat pada pembelajaran Bahasa Inggris disekolah tersebut. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara tinjauan pustaka, observasi, dan wawancara kepada kepala sekolah dan guru yang bersangkutan. Observasi dilakukan secara langsung guna untuk mengamati proses pembelajaran Bahasa Inggris dan juga mengetahui metode pembelajaran yang digunakan. Hasil dari proses pengamatan menunjukkan bahwa program pembelajaran Bahasa Inggris di TK.Budi Mulia Dua Terban dengan menggunakan sistem sentra sudah cukup efektif. Tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan pun sudah mencapai hasilnya yaitu murid mengetahui benda-benda sekitar dalam Bahasa Inggris, murid mampu melafalkan kosakata tersebut dengan benar, murid mampu memberi salam dan memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris dan murid percaya diri dalam menggunakan Bahasa Inggris.

Budi Mulia Dua Terban is one of kindergartens schools in Yogyakarta which applied English in learning process, which is in Preparation Class or Sentra Persiapan. Kindergarten period is an appropriate time to teach English as their media communication and education because they are in Golden Age. In applying English learning, schools should choose interesting learning method so that what is teaching would be accepted and understood well, also gives the easiness and the pleasantness in learning process. This final paper aims to identify the effectiveness of English learning program in Budi Mulia Dua Terban and discusses the solution of the weakness in English learning in Budi Mulia Dua Terban. The method of collecting the data are library research, direct observation, and interview with the principle of Budi Mulia Dua Terban and its English educator. The observation is done in direct one for monitoring English learning process and knowing the learning method which is used. The result of identifying shows that English learning program in Budi Mulia Dua Terban kindergarten has been effective enough by using system of sentra. This school also achieved the objectives of English learning, they are the learners know things surrounding them in English, the learners can pronounce it correctly, they can greet and introduce them self in English and they are confident to communicate in English.

Kata Kunci : Pembelajaran Bahasa Inggris, Sentra Persiapan, Keefektifan Program

  1. D3-2015-332686-abstract.pdf  
  2. D3-2015-332686-bibliography.pdf  
  3. D3-2015-332686-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2015-332686-title.pdf