Laporkan Masalah

HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BAGIAN PELAYANAN RAWAT JALAN DI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) JETIS KOTA YOGYAKARTA

PURADHIKA ISTI N, Dr. Ratminto, M.Pol.,Admin

2015 | Skripsi | S1 ILMU ADMINISTRASI NEGARA (MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK)

Penelitian ini akan berusaha melakukan penilaian tentang Kepuasan pelanggan berdasarkan karakteristik pasien pada bagian pelayanan rawat jalan di Puskesmas Jetis Kota Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan secara langsung oleh peneliti dengan pengguna pelayanan kesehatan atau pasien di Puskesmas Jetis Kota Yogyakarta. Populasinya adalah pengguna Puskesmas Jetis yang menggunakan jasa kesehatan di wilayah kecamatan Jetis Kota Yogyakarta. Sedangkan sampelnya adalah pengguna jasa kesehatan di Puskesmas Jetis Kota Yogyakarta sebanyak 64 responden, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien yang merasa puas sebanyak 72 %, 16 % merasa sangat puas, dan 12 % merasa kurang puas. Pada hubungan karakteristik jenis pekerjaan dengan kepuasan menunjukkan bahwa kecenderungan perempuan lebih merasa puas sebesar 18,60% merasa sangat puas dan 69,77% merasa puas. Dan kecenderungan merasa kurang puas lebih dirasakan oleh laki-laki sebesar 14,29%. Hubungan karakteristik pekerjaan dengan kepuasan menunjukkan bahwa pelajar/mahasiswa 100% puas, 100% PNS puas dan pensiunan 66,67% sangat puas dan yang puas 33,33% puas. Ketiga jenis pekerjaan tersebut cenderung merasa puas dengan pelayanan yang diterimanya. Sedangkan 17,39% pekerjaan lain-lain lebih banyak yang merasa kurang puas. Pada hubungan status kepesertaan dengan kepuasan menunjukkan bahwa kecendurang pasien yang lebih besar merasa puas yaitu dengan kepesertaan kartu sehat dan biaya mandiri sebesar 100%. Sedangkan yang cenderung merasa kurang puas yaitu kepesertaan ASKES sebesar 16,67%. Pada hubungan karakteristik usia dengan kepuasan kecenderungan paling besar merasa puas yaitu pada kelompok usia > 62 tahun sebesar 33,33% sangat puas dan 58,33% puas. Kecenderugan kurang puas dirasakan oleh kelompok usia 17-31 tahun sebesar 13,33%.

This study will try to do an assessment of customer satisfaction based on the characteristics of patients at the outpatient services at the health center Jetis Yogyakarta. The method used in this research is quantitative descriptive analysis method. This research was conducted directly by researchers with health service users or patients in Puskesmas Jetis Yogyakarta. Its population is Puskesmas Jetis users who use health services in the districts Jetis Yogyakarta. While the sample is the health services in Puskesmas Jetis Yogyakarta as many as 64 respondents, the sampling technique used was purposive sampling. Based on the results of the study showed that patients who were satisfied as much as 72%, 16% very satisfied and 12% dissatisfied. In the relationship with the characteristics of the type of job satisfaction indicates that the trend for women are more satisfied by 18.60% feel very satisfied and 69.77% were satisfied. And a tendency to feel less satisfied is perceived by men 14.29%. Relationship with the characteristics of job satisfaction indicates that the student / students 100% satisfied, satisfied 100% of civil servants and pensioners 66.67% very satisfied and satisfied 33.33% satisfied. The third type of work the tendency to feel satisfied with the service received. 17.39% while others work more disgruntled. In the relationship with the membership status of patient satisfaction showed that greater tendency to feel satisfied that the health card and a membership fee of 100% independent. While that tends to feel less satisfied that the membership Askes 16.67%. At the age characteristics relationship with satisfaction was most likely to feel satisfied that in the age group> 62 years amounted to 33.33% and 58.33% very satisfied satisfied. Trends are less satisfied perceived by the age group of 17-31 years of 13.33%.

Kata Kunci : Karakteristik Pasien, Kepuasan, Puskesmas