Laporkan Masalah

ANALISIS POTENSI SUMBERDAYA MANUSIA BIDANG PENDIDIKAN MENURUT KORIDOR EKONOMI MP3EI (MASTERPLAN PERCEPATAN DAN PERLUASAN PEMBANGUNAN EKONOMI INDONESIA)

TRIA ANGGITA HAFSARI, Dr. Sukamdi, M.Sc

2015 | Skripsi | S1 GEOGRAFI DAN ILMU LINGKUNGAN

Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia atau MP3EI merupakan arahan strategis dalam percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia yang memiliki tiga pilar (kluster) yaitu pengembangan potensi ekonomi melalui koridor ekonomi, penguatan konektivitas nasional, dan penguatan kemampuan SDM dan Iptek nasional. Analisis dan kajian pendidikan guna menguatkan kemampuan SDM dan Iptek tidak dilakukan dengan detail. Indeks pendidikan merupakan indikator utama dalam meningkatkan mutu sumberdaya manusia. Indeks pendidikan dapat ditentukan dengan menggunakan metode indikator komposit terhadap aksesibilitas, kapabilitas, dan fasilitas pendidikan. Peta kesesuaian indeks pendidikan terhadap rencana pembangunan kutub-kutub pertumbuhan ekonomi mengalami miss-match. Hal ini menunjukan bahwa potensi sumberdaya alam belum bisa dioptimalisasikan dengan baik karena belum mampunya sumberdaya manusia di Indonesia untuk mengolahnya. Pemerataan fasilitas pendidikan menjadi langkah utama untuk menciptakan pemerataan pendidikan serta dilakukannya migrasi terhadap usia-usia produktif ke wilayah yang memiliki indeks pendidikan rendah untuk tercapainya kesesuaian potensi sumberdaya manusia terhadap sumberdaya alam.

Masterplan for Acceleration and Expansion of Indonesia's Economic Developmentor MP3EI is a strategic direction in acceleration and expansion of Indonesia's economic development which has three pillars (clusters), the development of economic potential through economic corridors, improving connectivity and strengthening of national human resource capabilities and national science and technology. Analysis and study related pillars of human resources and strengthening the ability of national science and technology in the document MP3EI in each economic corridor received less discussion. Education index is a main indicator to improving the quality of human resources. Education index can be determined using the composite indicator for accessibility, capability, and educational facilities. Map suitability index for education development plans poles of economic growth suffered a miss - match. It shows that the potential of natural resources can not be optimized properly because the inability of human resources in Indonesia to process them. Equitable distribution of educational facilities became a major step to create educational equity and does migration towards the productive ages to areas that have low education index suitability for achieving the human resource potential of natural resources .

Kata Kunci : MP3EI, Indeks pendidikan, Indikator komposit / MP3EI, Education Index, Composite Indicator

  1. S1-2015-300937-abstract.pdf  
  2. S1-2015-300937-bibliography.pdf  
  3. S1-2015-300937-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2015-300937-title.pdf