Laporkan Masalah

PEMANFAATAN RUANG UNTUK WAKTU LUANG DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS GADJAH MADA

ANGGARANI FATMAWATI, Prof. Ir. Bakti Setiawan, M.A., Ph.D

2015 | Skripsi | S1 PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA

Waktu luang merupakan waktu yang dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan di luar kegiatan rutin dengan tujuan untuk menyegarkan pikiran dan memberikan semangat baru. Kegiatan tersebut tentunya membutuhkan ruang yang menyesuaikan dengan jenis kegiatannya serta dapat terletak di dalam maupun di sekitar kampus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pemanfaatan waktu luang mahasiswa UGM dan mendeskripsikan seting ruang untuk pemanfaatan waktu luang. Penelitian ini juga menganalisis preferensi mahasiswa dalam memilih ruang untuk waktu luang. Penelitian dilakukan dengan metode induktif kualitatif, di mana peneliti mengumpulkan data-data dari lapangan dan kemudian melakukan analisa dengan metode deskriptif untuk menemukan kesimpulan berdasarkan pola dan tema yang ditemukan di lapangan. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara mendalam. Unit amatan adalah mahasiswa UGM dan ruang untuk waktu luang di dalam kampus dan di luar kampus UGM. Unit analisisnya terkait dengan aktivitas mahasiswa dan ruang tempat aktivitas di waktu luang serta keterkaitan antara keduanya. Hasil penelitian menemukan bahwa berolahraga dan nongkrong merupakan aktivitas yang banyak dipilih dan menjadi bagian dari gaya hidup mahasiswa saat ini. Ruang untuk waktu luang terbagi menjadi dua, di dalam dan di luar area kampus dimana masing-masing memiliki kondisi dan karakteristik yang dapat mempengaruhi preferensi mahasiswa dalam memilih ruang. Ruang di dalam kampus dipilih karena murah (gratis) dan memiliki lokasi yang strategis, tetapi kurang mengakomodasi aktivitas. Ruang di luar kampus dipilih karena banyak variasi pilihan dan dilengkapi fasilitas yang memadai. Dalam memilih ruang untuk waktu luang terdapat tema yang sering muncul, yaitu terkait fasilitas, kebebasan, aksesibilitas, dan kenyamanan.

Leisure is time spent doing activities beside routinities in order to refresh one's mind and spirit. Such activities are done in various types of space, which are adjusted to the type of activity involved, and situated either inside or outside UGM campus area. The purpose of this research are to identify the usage of leisure time among students of Universitas Gadjah Mada and to describe the spatial setting of the spaces used for leisure activities. This research also analyzed the preference of students in choosing space for leisure activities. This research used inductive-qualitative method, in which the researcher collected data from field survey, and analyzed the data using descriptive method to make a conclusion based on the theme and scheme found in the field. Data are collected using observation method and in-depth interview. The observation units in this research are students of Universitas Gadjah Mada and the space used for leisure activities inside and outside the campus. The analyzed units are related to the activities, the space used for leisure activities, and the linkage between the two. The study found that doing sport and hanging out are the most popular activity chosen to spend leisure time among students, and nowadays it becomes the students' lifestyle. Leisure space is divided into two area, inside and outside the campus, which have their own conditions and characteristics that influenced the students' preference in choosing a leisure space. Space inside the campus is chosen because it is cheap (most are free) and has a strategic location, but it can not acommodate the activities well. Space outside the campus is selected because it has many types and options and equipped with adequate facilities. In selecting leisure space, there are some themes which always come up and they are related to facilities, freedom, accessibility, and comfortability.

Kata Kunci : waktu luang, mahasiswa, aktivitas, ruang, perilaku, activity, space, behavior, leisure time

  1. S1-2015-297887-abstract.pdf  
  2. S1-2015-297887-bibliography.pdf  
  3. S1-2015-297887-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2015-297887-title.pdf