PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PENYULUHAN ANTARA METODE CERAMAH MENGGUNAKAN ALAT BANTU SLIDE PRESENTASI DAN FLIPCHART TERHADAP PENGETAHUAN PENCEGAHAN KARIES PADA ANAK SEKOLAH DASAR USIA 10-12 TAHUN (Kajian di SD Negeri 1 Jetis Bantul Yogyakarta)
KUNTHI PUTRI, drg. Rosa Amalia, M.Kes, Ph.D; drg. Sri Widiati, MPH
2015 | Skripsi | S1 ILMU KEPERAWATAN GIGIPenyuluhan kesehatan gigi merupakan kegiatan promosi kesehatan yang diperlukan sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan kesadaran, disamping sikap dan perbuatan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas penyuluhan kesehatan gigi menggunakan alat bantu slide presentasi dan flip chart terhadap pencegahan karies. Jenis penelitian ini adalah eksperimental semu dengan Pre-Test dan Post-Test Group Design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Jetis Bantul Yogyakarta berjumlah 86 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan jumlah 15 pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan yang signifikan antara kelompok penyuluhan menggunakan slide presentasi dan kelompok penyuluhan menggunakan flip chart (p=0,001). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penyuluhan kesehatan gigi menggunakan slide presentasi lebih efektif meningkatkan pengetahuan tentang pencegahan karies pada anak sekolah dasar dibandingkan dengan penyuluhan kesehatan gigi menggunakan flip chart.
Oral health education (OHE) is a part of health promotion to increase knowledge and awareness, as well as attitudes and actions in health. The aim of this research was to determine the effectiveness of oral health education (OHE) by using a slide presentation and a flip chart tools about caries prevention. A quasi-experimental research is applied by using Pre-Test and Post-Test Group Design. The subjects of this research (86 students) were all students of class V SD Negeri 1 Jetis Bantul, Yogyakarta, who were divided into 2 groups. A questionnaires was used as instrument that has been tested for its validity and reliability. The results showed significant differences of increasing knowledge between oral health education (OHE) using a slide presentation and oral health education (OHE) using a flip chart (p = 0.001). The conclusion of this research is that oral health education (OHE) using a slide presentation is more effective to increase knowledge about the prevention of caries in primary school children compared to oral health education (OHE) using a flip chart.
Kata Kunci : penyuluhan kesehatan gigi, alat bantu pendidikan, pengetahuan