IMPLEMENTASI PROGRAM KARTU JAKARTA SEHAT SEBAGAI PENUNJANG JAMINAN KESEHATAN BAGI PASIEN TERHADAP KEPUASAN PELAYANAN DI RUMAH SAKIT (STUDI PADA RUMAH SAKIT UMUM PUSAT FATMAWATI JAKARTA SELATAN)
LAMHOT, Dra. Susi Daryanti M.Sc.
2015 | Skripsi | S1 ILMU PEMBANGUNAN SOSIAL DAN KESEJAHTERAAN (SOSIATRI)Implementasi program Kartu Jakarta Sehat merupakan hal yang penting karena berkaitan dengan kebijakan pemerintah sebagai penunjang jaminan kesehatan masyarakat. Salah satu kebijakan pemerintah DKI Jakarta yang merupakan daerah khusus ibukota Indonesia dalam bidang kesehatan adalah Kartu Jakarta Sehat (KJS). Kartu Jakarta Sehat (KJS) adalah suatu program yang dibuat pemerintah untuk mengatasi kesehatan bagi masyarakat miskin yang ada di DKI Jakarta. Implementasi program pemerintah tersebut dapat diketahui dari kepuasan pasien terhadap pelayanan di Rumah Sakit. Kepuasan pasien adalah perasaan senang dan puas karena terpenuhinya harapan atau keinginan dalam menerima jasa pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan yang diberikan oleh rumah sakit berupa jasa yang meliputi kualitas jasa, harga, emosional, kinerja, estetika, karakteristik produk, pelayanan, lokasi, fasilitas, komunikasi, suasana, dan desain visual serta pelayanan yang diberikan oleh petugas rumah sakit baik dokter, perawat, dan karyawan-karyawan lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepuasan pasien atas implementasi pelayanan program Kartu Jakarta Sehat (KJS) di Unit Rawat Inap RSUP Fatmawati Jakarta Selatan. Selain itu, penelitian ini ingin menguji asumsi dari Zeithaml-Parasuraman-Berry tentang kepuasan pelanggan yang mengukur tingkat kepuasan pelayanan dari tangible (bukti fisik), reliability (keandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan), dan empathy (empati). Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Adapun teknik yang digunakan untuk pengumpulan data antara lain dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi data. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa dari 10 informan yang sudah diwawancarai, delapan informan telah merasa puas dengan pelayanan RSUP Fatmawati, sedangkan ada dua pasien sebagai informan yang tidak merasakan kepuasan. Hal itu berarti pasien Kartu Jakarta Sehat di RSUP Fatmawati Jakarta Selatan merasa puas dengan pelayanan Rumah Sakit sebagai implementasi program Kartu Jakarta Sehat (KJS) di RSUP Fatmawati Jakarta Selatan.
Implementation of the Kartu Jakarta Sehat program is important thing because it relates to goverment policy as supporting the public health insurance. One of the government policy of DKI Jakarta which is the capital city of Indonesia in the health care field is Kartu Jakarta Sehat (KJS). Kartu Jakarta Sehat (KJS) is a program which is created by government to overcome health of poor society in DKI Jakarta. Implemetation of government program can be seen from patient satisfaction to hospital service. Patient satisfaction is feeling happy and satisfied because of the fulfillment of expectations or wishes to get health care service. Health care service which is provided by hospital is a service that include the quality of service, price, emotional, performance, aesthetics, the characteristic of product, service, location, facility, communication, athmosphere, and visual design as well as service which is provided by hospital personnel like doctors, nurses, and other employees. The aim of this study is to know the patient satisfaction over the implementation of service of Kartu Jakarta Sehat (KJS) program in Inpatient Unit of RSUP Fatmawati, South Jakarta. In addition, this research wants to test the assumptiont of Zeithaml-Parasuraman-Berry about customer satisfaction that measure the level of service satisfaction from tangible, realibity, responsiveness, assurancem and emphaty. Research method that used in this study is qualitative with descriptive approach. The data are primary and secondary data. The techniques that used to collect data is observation, interview, and documentation. Method of data analysis is data reduction, data presentation, conclusion, and data verification.The results show from 10 informants who have interviewed, eight informants are satisfied with the service of RSUP Fatmawati, while two patients as informant don't feel satisfaction. That means patients of Kartu Jakarta Sehat at RSUP Fatmawati in South Jakarta are satisfied with the service of the hospital servie as implementation of Kartu Jakarta Sehat (KJS) program at RSUP Fatmawati in South Jakarta.
Kata Kunci : Kartu Jakarta Sehat (KJS), Kepuasan Pelayanan