MANAGEMENT OF JOGJAPRO EVENT ORGANIZER
RAMDHANI H. YOGA, Drs. Winarto
2015 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS SVPerkembangan dunia industri sangat pesat. Banyak perusahaan dan jenis usaha-usaha baru yang bermunculan. PT Aksara Dinamika Jogja atau Harian Jogja Jogja yang terletak di Jalan AM Sangaji No.41 Jetis Yogyakarta merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang industri media massa cetak. PT Aksara Dinamika Jogja juga menyediakan jasa Event Organizer dan Promosi. Mereka memiliki divisi sebagai penyedia jasa Event Organizer dan Promosi yang bernama JogjaPro. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini terbagi menjadi dua jenis yaitu observasi lapangan dan studi pustaka. Observasi lapangan yang dilakukan adalah dengan program magang di Harian Jogja di divisi event organizer dan promosi. Dalam observasi lapangan, penulis bisa merasakan pengalaman kerja sekaligus mendapatkan informasi langsung yang dijadikan data untuk kelanjutan penelitian. Studi pustaka dilakukan dengan mencari buku untuk dijadikan referensi data penelitian. Selain itu, beberapa sumber yang dijadikan sebagai pelengkap data berasal dari internet. Dari hasil observasi penulis menemukan terdapat 3 proses yang dilakukan untuk memproduksi acara yang diorganisir oleh JogjaPro. Pertama adalah pra produksi dengan beberapa persiapan yaitu: membuat konsep acara, mencari sponsor, menentukan lokasi event, mencari talent atau pengisi acara, publikasi, menyiapkan perlengkapan, mencari crew, dan briefing. Kemudian adalah produksi yaitu bagaimana jalannya sebuah acara dan yang terakhir adalah pasca produksi dengan melakukan evaluasi, dan membuat laporan. Memproduksi acara, entah itu acara berskala kecil atau yang melibatkan banyak peserta, tidak akan dapat dilakukan tanpa ketiga proses tersebut.
The development of the industrialized world is increase very rapidly. Many companies and types of new businesses are popping up. PT Aksara Dinamika Jogja or Harian Jogja located in AM Sangaji street No.41 Jetis, Yogyakarta is one of the companies engaged in the print media industry. PT Aksara Dinamika Jogja also provides Event organizers and promotion. They have a Division as a provider of Event organizers and Promotion that is JogjaPro. The methods used by the writer in this study are divided into two types. There are field observation study and library study. The method utilized is field observation by the writer experienced on internship program in the event organizer and promotions division of Harian Jogja. Direct information is obtained daily through observation. Library study is utilized by looking for some books to be used as reference data research. In addition, some resources served as a complementary data from the internet. From the results of observation it can be found that there are three processes that are uses to produce some event which is organized by JogjaPro. The first is pre-production process: making concept of the event, looking for sponsorships, choosing a location of the event, looking for talent or invited artists, publications, setting up equipment, looking for crew, and briefing. Then the production is how an event was held and the last one is post-production, the activities are evaluation, and make a report. Producing events, whether it's small or large-scale event that involves many participants, would not be done without that process.
Kata Kunci : Event Organizer, Step of Production Process, JogjaPro, Harian Jogja