The Roles of Information Technology Staff in English Diploma Program, Vocational College, Universitas Gadjah Mada
OSCALIYON SETIYANA, Nur Endah Nugraheni, S.S, M.A. ; Supriyono, S.S, M.A.
2015 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS SVPenulisan tugas akhir ini bertujuan untuk membahas riwayat singkat tentang Diploma Bahasa Inggris, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada. Tujuan berikutnya adalah untuk menjelaskan peran dari staff IT di Diploma Bahasa Inggris, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada. Dalam memperoleh data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu observasi langsung, interview, buku jurnal, dan internet. Untuk observasi langung, penulis menjalani program magang di Diploma Bahasa Inggris yang berarti penulis berpartisipasi langsung di program Diploma Bahasa Inggris. Sedangkan untuk interview, penulis melakukan wawancara langsung dengan kepala program studi bahasa Inggris beserta staff dengan menanyakan berbagai pertanyaan yang berhubungan dengan topik dari tugas akhir. Disamping itu, penulis juga menggunakan jurnal dan internet sebagai landasan data, untuk mengecek dan melengkapi dalam menulis tugas akhir ini. Dari semua data yang didapatkan, penulis tahu dan menganalisa mengenai peran dari staff IT di Diploma Bahasa Inggris, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada. Kesimpulannya, staff IT memiliki peranan yang sangat besar dalam pengembangan Diploma Bahasa Inggris terutama dalam hal mengoperasikan segala aktivitas yang berhubungan dengan tehnologi informasi dan mempublikasikan informasi terutama untuk orang di luar Diploma Bahasa Inggris. Tanpa staff IT, penggunaan teknologi informasi sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran dan bisnis tidak akan berjalan dengan baik. Oleh karena itu, seorang staff IT harus memiliki kemampuan yang baik dalam penggunaan teknologi informasi.
This graduating paper aims to describe the short profile of English Diploma Program, Vocational College, Universitas Gadjah Mada. The next aim is to explain the roles of IT staff in English Diploma Program, Vocational College, Universitas Gadjah Mada. In order to collect the data, the writer uses some methods; direct observation, interview, journal and internet research. For direct observation, the writer has an internship program in English Diploma Program which means that the writer directly participated in English Diploma Program. Also, for the interview, the writer interviewed the head of English Diploma Program and also the staff by asking about many questions related with this graduating paper�s topic. Besides, the writer also uses journal and internet research as database, to crosscheck and complement in writing this graduating paper. From all collected data, the writer knows and analyzes the roles of IT staff in English Diploma Program, Vocational College, Universitas Gadjah Mada. In conclusion, IT staff has big roles in developing English Diploma Program especially in operating all of the activities related with information technologies and publishing information especially to the people outside English Diploma Program. Without IT staff, the use of information technologies as the supporter in the learning process and business would not work properly. Therefore, IT staff should have good skill in using the information technologies
Kata Kunci : IT staff, English Diploma Program, roles