EVALUASI KONDISI JALAN SECARA VISUAL DENGAN KOMBINASI NILAI IRI DAN SDI (Studi Kasus : Ruas Jalan Sultan Safiuddin Bantilan Kabupaten Tolitoli Propinsi Sulawesi Tengah)
ILMUDDIN, Dr. Ir. H. Muslikh, M.Sc., M.Phil.; Arief Setiawan Budi Nugroho, ST., M.Eng., Ph.D.
2015 | Tesis | S2 Teknik SipilPemeliharaan jalan perlu dilakukan untuk mempertahankan keamanan dan kenyamanan jalan bagi penggunanya dan menjaga keawetan/daya tahan jalan selama masa layannya sampai umur rencana. Survei kondisi jalan perlu dilakukan secara periodik baik struktural maupun non-struktural untuk mengetahui tingkat pelayanan jalan yang ada. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi kondisi jalan melalui survei kondisi jalan secara visual dengan menggunakan metode survei Road Condition Index (RCI) dan survei Surface Distress Index (SDI) sebagai alternatif metode yang dapat dilakukan untuk menjawab permasalahan pada daerah yang terbatas fasilitas dan peralatan survei yang tersedia khususnya di jaringan jalan kabupaten, sehingga dapat ditentukan jenis dan metode penanganan terhadap perkerasan secara tepat. Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan antara metode penilaian kondisi jalan secara visual melalui survei Road Condition Index (RCI) dan survei Straight Edge Beam (SEB) secara bersama-sama dengan metode survei mekanikal berpengaruh secara signifikan dalam memprediksi nilai IRI dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,962 dan nilai sig. F Change 0,000 < 0,05. Kondisi jalan yang menjadi obyek penelitian berdasarkan kriteria IRI dan SDI dalam kondisi sedang dengan rekomendasi penanganan berupa Pemeliharaan Rutin.
Road maintenance should be done to keep road safety and comfort for its user and to keep its durability for its service life up to planned period. Road condition survey should be done periodically in structural and non structural aspects to identify existing service level. This research was done to evaluate road condition through visual survey using Road Condition Index (RCI) and Surface Distress Index (SDI) as alternative method to answer problem in area with limited facility and survey equipment particularly in regency road network so type and method for pavement may be determined appropriately. The results indicate that combination of visual evaluation through Road Condition Index (RCI) and Straight Edge Beam (SEB) and mechanical survey method affect significantly on predicting IRI with correlation coefficient (R) of 0,962 and sig.F Change 0,000 < 0,05. Based on IRI and SDI criteria the street of research object is in moderate/fair condition with recommendation of routine maintenance.
Kata Kunci : Evaluasi Jalan, Road Condition Index, Surface Distress Index/Road Evaluation, Road Condition Index, Surface Distress Index