Strategi Pengembangan Desa Wisata Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali
HANGGARA NURSETYA HE, 2. Prof. Dr. Marsono, S.U. ; Yulita Kusumasari, S.T., M.Sc.
2015 | Skripsi | S1 PARIWISATADesa Wisata Samiran merupakan sebuah desa yang terletak diantara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang secara administratif berada di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Desa Wisata Samiran merupakan sebuah objek wisata yang memiliki berbagai potensi wisata yang masih dapat dikembangkan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa potensi wisata yang ada di Desa Wisata Samiran dan merumuskan strategi pengembangan yang tepat bagi Desa Wisata Samiran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan teknik perolehan data berupa observasi, wawancara, dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats). Hasil dari penelitian ini adalah gambaran potensi dan kepariwisataan serta strategi pengembangan yang tepat di Desa Wisata Samiran. Gambaran potensi dan kepariwisataan Desa Wisata Samiran terbagi dalam 4 komponen pengembangan pariwisata yaitu atraksi wisata, amenitas, aksesibilitas, dan kelembagaan. Sedangkan strategi pengembangan Desa Wisata Samiran merupakan hasil analisis SWOT yang berdasarkan faktor internal dan faktor eksternal Desa Wisata Samiran.
Samiran Tourism Village is a village located between Mount Merapi and Mount Merbabu that is administratively located in Selo District, Boyolali Regency. Samiran Tourism Village is one of tourist attraction which has variety of tourist potential which has so many things to be developed. The purpose of this study is to analyze the existing of tourism potential in Samiran Tourism Village and to formulate appropriate strategies for Samiran tourism village development. This study is a qualitative research which uses data acquisition techniques such as observation, interviews, and literature studies. Data analysis method used in this research is SWOT analysis (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats). The result of this study is an overview of the potential and tourismfield, also the development of appropriate strategies used in Samiran Tourism Village. The overview itself is divided into four components; there are the development of tourism attractions, amenity, accessibility, and ancillary. Meanwhile, the development strategy of Samiran Tourism Village is the result of SWOT analysis which is based on internal and external factors of Samiran Tourism Village.
Kata Kunci : strategy development, Samiran Tourism Village, component development, SWOT analysis.