Representasi Meme Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Media Sosial (Sebuah Analisis Semiotika pada Kasus Kontra RUU Pilkada 2014 di Twitter melalui Tagar #ShameOnYouSBY)
CYNTIA AYU HERA P. W, Dr. Ana Nadhya Abrar, M.E.S.
2015 | Skripsi | Ilmu KomunikasiTagar #ShameOnYouSBY sempat menjadi fenomena di media sosial twitter dengan menduduki peringkat 1 trending topics world wide pada akhir tahun 2014 lalu. Tagar tersebut berisikan meme-meme provokatif atas tokoh SBY (Susilo Bambang Yudhoyono), Mantan Presiden ke-6 Republik Indonesia, yang digambarkan melalui berbagai tanda baik verbal maupun non verbal. Penggambaran yang secara terus menerus dilakukan para pembuat meme pada akhirnya akan merepresentasikan sosok SBY dibenak khalayak. Untuk itu, penelitian ini memilih untuk meneliti representasi SBY di media sosial, tempat dimana tagar ini lahir, yaitu twitter. Analisis yang dilakukan terutama pada bagaimana hubungan antara gambar, teks, dan makna yang terhubung satu sama lain untuk membentuk pesan sosial, pesan politik, emosi publik, atau sekedar membuat humor yang menghibur. Peneliti menguji lima sampel meme yang tersebar lewat tagar #ShameOnYouSBY di twitter dan menghubungkan antara gambar, teks, dan makna menggunakan semiotika. Penelitian ini kemudian menemukan bahwa para pembuat meme yang berpartisipasi dalam tagar rersebut memiliki kecenderungan yang sama, yaitu menghina. Sosok SBY direpresentasikan secara negatif, namun dengan cara yang menarik. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan agar penelitian sejenis ini dikembangkan pada penelitian yang lebih mendalam khususnya terkait dengan teknik pembuatan meme.
In their anger of President Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)'s decision to allow his Democratic Party lawmakers to walkout from Regional Head Election Draft Bill's vote, Indonesian people set abuzz hashtag on Twitter that became number one worldwide trending topic over the end of 2014, which was #ShameOnYouSBY. This article will describe how the social media represents SBY, the sixth President of Indonesia, who portrayed with various signs, verbal, non verbal, through meme, via hashtag #ShameOnYouSBY. Depiction who consistently done by meme-makers eventually to figure and represent SBY in negative way. Researcher use semiotic model of Charles Sander Peirce to answer the research question. Analysis undertaken from the relationship between shots, texts, and meaning that connect each other to form social message, political message, public emotion, or just to make an entertaining humor. In addition, researcher tested five samples of memes that spread through hashtag (#)ShameOnYouSBY on twitter and then connect the meaning between shots, texts, picture, using semiotic perspective. This research found that meme-makers who participates in #ShameOnYouSBY, having a similar trend, which is derogatory. The figure of SBY was represent in negative, yet attractive way.
Kata Kunci : Meme, Representasi, Semiotika.