Perancangan Antarmuka E-Book Reader dengan Pendekatan Mobility User Experience
DHARMA SURYA PRADANA, Dr. Ridi Ferdiana, S.T., M.T.; Ir. Rudy Hartanto, M.T.
2015 | Tesis | S2 Teknik ElektroDampak perkembangan teknologi saat ini terlihat jelas mempengaruhi kegiatan manusia sehari � hari, salah satunya membaca. Membaca dapat dilakukan dimanapun tanpa harus membawa banyak buku. Aplikasi e-book reader adalah salah satu aplikasi media pembaca e-book. Jumlah e-book reader di Indonesia masih sedikit, begitu pula dengan penggunanya. Kesiapan perubahan cara membaca dari buku cetak ke e-book perlu diperhitungkan. Salah satunya adalah dengan mempersiapkan tampilan e-book reader berdasar perilaku pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi perancangan fitur dan mengevaluasi mockup aplikasi e-book reader berdasar perilaku pengguna. Pendekatan metode Goal direct design digunakan sebagai metode perancangan mockup tampilan konten dan fitur aplikasi e-book reader karena mencakup langkah � langkah pengamatan perilaku pengguna. Hasil perancangan mockup dinilai dan dievaluasi menggunakan konsep kuisioner user experience untuk mengetahui keselarasan look and feel penggunaan mockup tampilan dan perilaku pengguna. Penilaian ini akan menunjukkan keberhasilan rekomendasi perancangan mockup aplikasi e-book reader. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rekomendasi perancangan mockup aplikasi memiliki selang kepercayaan pengguna sebesar 95%. Penilaian rata-rata menunjukkan kesesuaian dengan kebutuhan pengguna karena nilai lebih dari 0,8. Selain dipengaruhi oleh faktor kualitas pragmatis yaitu daya tarik, efisiensi dan kejelasan, pengguna juga merasakan faktor hedonis yaitu stimulasi dan kebaruan dari mockup aplikasi e-book reader ini.
The growth of technology has evidenty affect a human habits especially on reading. Nowadays reading can be done in everywhere without bring a lot of books. e-book reader apps is one of the most famous tools to read an e-book. There is only a few e-book reader in Indonesia,even its user. Readiness of how people change their way to read need to get an attention. One thing imporant is getting ready for designing e-book reader based on user habits. Research has a purpose to give a recommend of designing feature and evaluate mockup e-book reader apps based on user habits. Goal design direct approach use for designing conten dan feature e-book reader apps because it is include steps of user habits observation. Mockup design result valued dan evaluted by user experience questionnaire to show how conformity "look and feel" mockup has with user behaviour. The result will indicate the success of recommendation of design e-book reader mockup. The results showed that recommenaditons of the design mockup apps has user confidence interval by 95%. Average valuation indicates conformity with the needs of users because the value is more than 0.8. Besides influenced by pragmatic qualities that appeal, efficiency and clarity, users also feel that hedonic factor stimulation and novelty of this mockup e-book reader applications
Kata Kunci : Pengalaman pengguna, kuisioner pengalaman pengguna, Goal Direct Design, e-book reader, mockup