ANALISIS STRATEGI PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN Tbk. DALAM MEMASUKI BISNIS INTERNASIONAL DI INDONESIA
JOHAN ARIE SAPUTRA, Amin Wibowo, M.B.A., Ph.D.
2015 | Tesis | S2 ManajemenPT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat & Banten Tbk. (bank bjb) saat ini sedang memasuki bisnis internasional di industri perbankan di Indonesia. Citra kedaerahan yang melekat pada bank bjb memberikan warna tersendiri dalam persaingan bisnis internasional di Indonesia. Dengan pencapaian kinerja dari tahun 2010 sampai dengan 2013 yang sangat baik, serta masih terbukanya peluang pertumbuhan bisnis internasional khususnya transaksi ekspor impor di Indonesia, membuat bank bjb sebagai Bank Pembangunan Daerah yang baru memasuki bisnis internasional di Indonesia perlu merumuskan strategi yang tepat agar mampu bertahan dalam menghadapi persaingan dengan bank lain. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan hambatan bank bjb dalam memasuki bisnis internasional, menganalisis apakah strategi yang dilakukan bank bjb dalam bisnis memasuki internasional di Indonesia sudah tepat serta mengidentifikasi Faktor Kunci Sukses yang dimiliki bank bjb dalam bisnis internasional, dengan menggunakan Analisis Lingkungan Internal, Analisis Lingkungan Eksternal, Analisis 5 Forces Framework, Analisis SWOT, Analisis Faktor Kunci Sukses dan Analisis Strategi Internasional perbankan di Indonesia. Atas analisa yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa: Bank bjb tidak hanya memiliki sumber daya dan kapabilitas untuk memasuki bisnis internasional di Indonesia, tetapi sumber daya dan kapabilitas tersebut bernilai tinggi, sehingga dapat digunakan dengan optimal. Strategi bank bjb dalam memasuki bisnis Internasional di Indonesia sudah tepat, hal ini dapat disimpulkan karena bank bjb telah melakukan strategi dengan pendekatan Strategi Global, Strategi Multidomestik dan Strategi Transnasional dengan baik, sehingga dapat memberikan bank bjb fee based income yang maksimal dari sisi bisnis internasional. Dari analisa faktor kunci sukses bank bjb, didapatkan Faktor Kunci Sukses terkait Teknologi, Distribusi, Pemasaran, Keahlian dan Kemampuan serta faktor Kunci Sukses lainnya sehingga dapat menciptakan pangsa pasar yang lebih luas bagi bank bjb dalam bisnis internasional di Indonesia.
PT. Regional Development Bank of West Java and Banten Tbk. (bank bjb) is currently entering the international business in the banking industry in Indonesia. Regional image attached to the bank bjb provide its own color in international business competition in Indonesia. With the achievement of performance from 2010 to 2013 were very good, and still has an international business growth opportunities in particular trade transactions in Indonesia, making the bank bjb as the new Regional Development Bank entered the international business in Indonesia need to formulate appropriate strategies in order to survive in face competition from other banks. The purpose of this paper is to identify the strengths, weaknesses, opportunities and barriers of bank bjb in entering international business, analyzing whether the strategy of the bank bjb in entering international business in Indonesia is correct and identify Key Success Factors that owned bank bjb in international business, with using the Internal Environment Analysis, External Environmental Analysis, Analysis 5 Forces Framework, SWOT Analysis, Analysis of Key Success Factors and the International Strategy Analysis of banking in Indonesia. Above analysis that has been done, it is concluded that: Bank bjb not only have the resources and capability to enter international business in Indonesia, but the resources and capabilities of high value, so it can be used optimally. Bank bjb strategy in entering the international business in Indonesia is right, it can be concluded because the bank bjb has been pursuing a strategy to approach the Global Strategy, Strategy Mutidomestic and Strategy Transnational as well, so that can provide bank bjb maximum fee-based income from the international business. From the analysis of key success factors of bank bjb, obtained Key Success Factors related to Technology, Distribution, Marketing, Skills and Abilities and other Key Success factors as well, so that can create a larger market share for bank bjb in international business in Indonesia.
Kata Kunci : analisis lingkungan internal & eksternal, SWOT, 5 forces framework, faktor kunci sukses, strategi internasionalisasi