ALGORITMA UNTUK PREDIKSI ARUS LALU LINTAS DENGAN MEMPERHATIKAN TURNING PROBABILITY
JIAN BUDIARTO, Selo,ST.,MT.,M.Sc., Ph.D. , I Wayan Mustika, ST.,M.Eng., Pg.D.
2015 | Tesis | S2 Teknik ElektroSaat ini, kemacetan lalu lintas di kota besar di Indonesia semakin meningkat. Khususnya Kota Yogyakarta jumlah kendaraan semakin meningkat. Pertambahan jumlah kendaraan ini dapat menyebabkan peningkatan kepadatan jalan di Kota Yogyakarta. Informasi keadaan lalu lintas dapat diperoleh melalui surat kabar, internet, televisi, live video, dan aplikasi perjalanan di smartphone. Berbagai media tersebut hanya mampu untuk memberikan rute terpendek namun belum mampu untuk melakukan prediksi jalur tercepat dalam berkendara. Penelitian ini mengemukakan usulan metode untuk melakukan prediksi arus lalu lintas dan mendapatkan rute terbaik. Metode yang diusulkan menggabungkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) dan metode Turning Probability yang telah disesuaikan dengan kondisi jalan di Indonesia. Usulan metode ini diharapkan dapat membantu untuk melakukan prediksi dan menyediakan informasi arus lalu lintas sehingga pengguna jalan dapat memilih rute terbaik berdasarkan kondisi jalan saat itu. Usulan Metode ini berhasil melakukan prediksi arus lalu lintas dan menyediakan informasi rute terbaik. Hasilnya dapat membantu pengguna jalan untuk mengambil keputusan dalam memilih rute perjalanan berdasarkan tingkat kepadatannya di setiap persimpangan
In recent years, traffic density in most of metropolitan city is increased. Especially Yogyakarta city, in 2012 the statistic data shows a large number of vehicle. Some information technology applications related to the traffic guidance of metropolitan city like newspaper, live streaming, television, and some traveling applications could only present the shortest route information, but the road density prediction was not informed. In this research, we proposed the model both to predict the road density and to inform the shortest cycle time of road. The Highway Capacities Manual and modified methods of Turning Propobabilities were implemented in this proposed model by updating some related formulas in order to predict the road density. The proposed model resulted the new procedure to present the prediction of the road density and suggesting the information of the best route. The model was contributed to solve the problem of distributing vehicles in metropolitan city to overcome the congestion problem
Kata Kunci : density prediction; turning probability; best route; indonesia highway capacity manual