Laporkan Masalah

Analisis Strategi Bersaing Pembiayaan Mobil Bekas Studi Pada PT. XYZ

BERTONI PROBO ANGGORO JATI, Dr. Fahmy Radhi, MBA

2015 | Tesis | S2 Manajemen

Transportasi merupakan kebutuhan dalam sendi kehidupan masyarakat Indonesia untuk menunjang aktifitas rutin sehari-hari. Setiap orang memerlukan kendaraan baik kendaraan umum maupun pribadi untuk aktifitas ke kantor, usaha, sekolah, belanja, dan lain sebagainya. Pertumbuhan otomotif ditunjang oleh kredit pembiayaan otomotif mengingat 80% dari penjualan otomotif adalah melalui kredit. PT. XYZ adalah pelaku baru dalam industri pembiayaan mobil dan akan terus bertumbuh untuk mencapai visi misi perusahaan, dalam hal ini adalah memberikan layanan kredit mobil terbaik. Studi ini memiliki tujuan untuk menganalisa strategi pengembangan bisnis PT. XYZ untuk melakukan penetrasi pasar pembiayaan mobil bekas yang sudah dikuasai oleh beberapa pemain utama dalam pembiayaan otomotif seperti Astra Credit Companies, Oto Multiartha, BCA Finance, dan Adira Finance. Perlu adanya strategi untuk bisa melakukan penetrasi langsung supaya PT. XYZ bisa sukses melakukan penetrasi pasar dan mengembangkan bisnis pembiayaan mobil bekas dengan kualitas kredit yang baik tanpa harus membiayai aplikasi kredit yang pernah ditolak oleh para pemain utama pembiayaan tersebut. Setiap perusahaan memerlukan suatu perencanaan strategi, di mulai dari strategi bisnis sampai ke strategi operasi perusahaan, untuk mempertahankan keunggulan kompetitif dan tumbuh dalam industrinya.

Transportation sector is a main contributor for supporting Indonesian people daily activity. Every part of this society needs transportation, whether it is for business, education, social, governmental, etc. Public and private transportation both are needed for supporting daily activity of people. Increasing economic growth means increasing needs for transportation, and the GAIKINDO recent data shows that automotive sales is increasing. PT. XYZ is a new comer in automotive financing industry since 2007 for 2 wheeler and entering 4 wheeler financing business in 2013. PT. XYZ continues to growth in business to achieve company aim to serve public with the best financing services. This study aims to examine/identify competing strategy of PT. XYZ to develop its business in used car financing that are dominated by big player of the industry, i.e. Astra Credit Companies, Oto Multi Artha, Adira Finance, and BCA Finance. PT. XYZ needs competing strategy for business penetration so that this company will able to grow financially with good quality of credit without bleeding in fighting with big competitor that already penetrate the market several decades before. The most dangerous condition to be avoided is that PT. XYZ financing reject application from other competitor. Every company including PT. XYZ needs strategic planning, starting from corporate strategy to functional strategy to build competitive advantage to grow and survive within the industry.

Kata Kunci : Analisis Lima Kekuatan, Analisis SWOT, Strategi Generik