Laporkan Masalah

Efek Moderasi Kesukarelaan terhadap Penggunaan E-Learning (Kasus: Universitas Sahid Surakarta)

RINA YULIUS, Ir. P. Insap Santosa, M.Sc., Ph.D. ; Dr. Ir. Rudy Hartanto, M.T.

2015 | Tesis | S2 Teknik Elektro

E-learning merupakan ragam teknologi informasi yang memfasilitasi proses pembelajaran. Dalam melakukan fungsinya agar optimal maka e-learning memerlukan evaluasi sistem yang memadai. Ada banyak indikator dalam mengevaluasi e-learning, salah satunya adalah faktor kesukarelaan. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan sistem e-learning dengan memperhitungkan kesukarelaan sebagai faktor pemoderasi penggunaan e-learning. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model UTAUT yang terdiri dari empat variabel independen (ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi fasilitas), dua variabel dependen (minat dan perilaku penggunaan), dan satu variabel moderator (kesukarelaan) yang mempengaruhi hubungan pengaruh sosial dengan minat penggunaan. Pengujian dilakukan dengan Structural Equation Modeling (SEM) untuk mengetahui kebenaran konsep teori mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan e-learning di Universitas Sahid Surakarta dan Moderated Structural Equation Modeling (MSEM) untuk mengetahui apakah kesukarelaan dapat menjadi variabel moderasi untuk hubungan antara pengaruh sosial dengan minat penggunaan. Dari hasil analisis SEM disimpulkan bahwa ekspektasi kinerja dan ekspektasi usaha berpengaruh positif terhadap minat pengguna. Sementara itu, dari analisis model moderasi diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa faktor kesukarelaan tidak memiliki pengaruh signifikan dalam memoderasi penggunaan e-learning.

E-learning is an IT tool that facilitates learning process. In order to optimize its function, e-learning need to be evaluated. There are many indicators on evaluating e-learning such as voluntariness of use. This research aims to evaluate factors that impact the usage of an e-learning system by considering voluntariness of use as moderating factor on e-learning usage. This research uses the UTAUT model that consists of four independent variables (performance expectancy, effort expectancy, social influence, and facilitating condition), two dependent variables (behavioral intention, use behavior), and one moderating variable (voluntariness). Voluntariness is hypothesized to affect the interaction of social influence and behavioral intention. This research uses Structural Equation Modeling (SEM) to validate the concepts and theories about e-learning usage factors at Universitas Sahid Surakarta and Moderated Structural Equation Modeling (MSEM) to validate the moderation effect of voluntariness to the interaction of social influence and behavioral intention. From SEM analysis, we can conclude that performance expectancy and effort expectancy positively influence the behavioral intention of e-learning. Meanwhile, from MSEM analysis we can conclude that voluntariness can't moderate the usage of e-learning.

Kata Kunci : e-learning, Structural Equation Modeling, UTAUT, kesukarelaan

  1. S2-2015-339043-abstract.pdf  
  2. S2-2015-339043-bibliography.pdf  
  3. S2-2015-339043-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2015-339043-title.pdf