PERAN COMPANY PROFILE SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI PAKET WISATA DI DIMENSI TOUR MAGELANG
NOZA ANDIANI, Fahmi Prihantoro, S.S., S.H., M.A.
2015 | Tugas Akhir | D3 KEPARIWISATAAN SVPariwisata merupakan salah satu sektor yang diandalkan di Indonesia. Hal ini terbukti pariwisata telah memberikan kontribusi yang sangat besar yaitu sebagai penyumbang devisa terbesar kedua setelah minyak dan gas bumi. Laporan Tugas Akhir ini mengkaji tentang Peran Company Profile Sebagai Media Informasi dan Promosi Paket Wisata di Dimensi Tour. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistim media informasi dan promosi di Dimensi Tour melalui company profile yang dimiliki oleh Dimensi Tour. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data kualitatif yangdiperoleh melalui berbagai macam teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi dan study pustaka. Sehingga dengan adanya penelitian langsung penulis dapat menganalisis mengenai rumusan masalah yang menjadi kesimpulan dalam permasalahan pada penelitian ini. Adapun hasil penelitian dari penulisan Tugas Akhir ini penulis mengetahui bahwa company profile suatu perusahaan dapat dijadikan sebagai media informasi yang mengandung banyak data dan informasi komunikatif tentang perusahaan. Selain menjadi media informasi, company profile juga dapat sebagai media promosi. Pelanggan dapat mengetahui produk jasa apa saja yang ditawarkan oleh Dimensi Tour melalui company profile ini. Termasuk di dalamnya paket wisata yang dijual dengan informasi yang lengkap.
Tourism is one of the sectors that relied on Indonesia. This is evident in tourism has contributed a very large IE as the second-largest contributor of foreign exchange after oil and gas. This final project report review of the role of the Media as the Company Profile Information and promotional tour packages in the dimensions of the Tour. This research aims to know the system of information and promotion in the media Dimension Tour through company profiles that are owned by the dimensions of the Tour. The author uses qualitative data collection techniques of yangdiperoleh through a variety of data collection techniques such as interviews, observation and study of the literature. So with the direct writers can analyze research on the formulation of the problem of the conclusion in the problems on this research. As for the research results of this final task is writing the author learned that an enterprise company profile can be used as a medium of information containing a lot of data and information about the communicative company. In addition to being a media information, company profiles can also be as media promotion. Customers can find out what services the products offered by the dimensions of the Tour through this company profile. Included in a tour package that is sold with complete information.
Kata Kunci : biro perjalanan, media informasi dan promosi, paket wisata