ANALISIS PENGARUH HARGA TERHADAP PENJUALAN PADA PT NASMOCO BAHANA MOTOR
AMALIA NUR TAMIMI, Nuh Fadillah,Drs.,M.Si
2015 | Tugas Akhir | D3 MANAJEMEN SVPT Nasmoco Bahana Motor merupakan perusahaan di bidang otomotif. Yang bergerak pada penjualan mobil, Sparepart serta meyediakan jasa pelayanan service GP maupun service BP. Untuk memberikan target pasar yang menyeluruh penjualan dengan produknya Toyota ini memberikan harga yang terjangkau oleh golongan yang menengah sampai golongan atas agar dapat dibeli oleh seluruh masyarakat.Walaupun harga dari produk tersebut ada yang dari golongan menengah namun Toyota tidak pernah melupakan kualitas dari produk-produknya serta pelayanan yang baik kepada customernya. Sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi penjualan pada PT Nasmoco Bahana Motor. Namun disini penulis akan meneliti tentang analisis pengaruh harga terdahap penjualan pada perusahaan otomotif tersebut. Dalam perancangan tugas akhir ini, penulis menggunakan metode kuantitatif yaitu pengumpulan data kemudian dikelompokkan lalu di olah mengggunakan aplikasi SPSS dengan metode korelasi brivate.Data yang didapatkan merupakan data primer karena data tersebut didapat langsung dari PT Nasmoco Bahana Motor ( perusahaan yang diteliti). Setelah diolah dan menghasilkan output disitu dapat disimpulkan mengenai penelitian yang sudah di rencanakan. Sebagai pendukung keputusan di lakukan lah uji Hipotesis dengan melihat dadi signifikan pada hasil output yang telah di peroleh. Hasil dari penelitian tersebut memaparkan hubungan antara harga jual dengan penjualan mengambil sample selama satu tahun dan tiga produk dari Toyota tersebut dengan penjualan sample tersebut. Sehingga perusahaan dapat mengetahui harga tersebut dapat berpengaruh didalam penjualan , kemudian perusahaan dapat memutuskan kenaikan ataupun penurunan dari harga jual yang mempengaruhi penjualan produk tersebut. Penjualan produk tersebut yang akan berpengaruh pada laba perusahaan. Selain itu penulis juga meneliti dengan menjelaskan mengenai mekanisme harga jual yang terjadi pada produk PT Nasmoco Bahana Motor serta kontribusi penjualan unit yang di teliti untuk PT Nasmoco Bahana Motor.
PT. Nasmoco Bahana Motor is a company focused on the automotive field, especially on selling cars, spare parts, and also providing a GP and BP service. To reach the maximum target market with the Toyota products, they provide a price that can be achieved from the high level society to the lower level society. Toyota keeps the product quality and service quality. Many factors affect the selling rate of PT. Nasmoco Bahana Motor. In this final project, the researcher focuses on the analysis of the effect of the product price to the selling rate. This final project uses the quantitative method. The researcher collects the data, groups the data and then processes the data using the SPSS software in Brivate Correlative method. The data are the primer data since those are collected directly from PT. Nasmoco Bahana Motor. After the data are processed by the SPSS software, the output will state the result. The hypothesis testing is conducted to get a trustworthy result. The researcher conducts the hypothesis testing by conducting a significance test from the output data. The result of this research proves that the price affects the selling rate. The sample is taken from the selling of three Toyota products for one year. This result can be used in considering the price of a product since the selling rate takes an important role in the company�s profit. In this final project, the researcher also focuses on drawing the result price mechanism in PT. Nasmoco Bahana Motor and the sample product selling in PT. Nasmoco Bahana Motor.
Kata Kunci : Harga, Penjualan