Laporkan Masalah

PENERAPAN METODE ANTRIAN PRE DELIVERY INSPECTION UNTUK MENINGKATKAN LAYANAN PERUSAHAAN (Studi Kasus PT Astra International Tbk-Daihatsu Cabang HR Muhammad Surabaya)

SASTIA VERADEWI S, Drs. Moh. Halimi, M.M

2015 | Tugas Akhir | D3 MANAJEMEN SV

Teori antrian merupakan salah satu bidang probabilitas terapan yang paling kaya pengaplikasiannya. Antrian di Bank, antrian supermarket, antrian mobil di pintu-pintu tol, antrian akses web, dan banyak contoh antrian lainnya yang merupakan contoh aplikasi dari teori tersebut. Teori antrian menjelaskan proses apa yang dilakukan terhadap elemen yang berada di dalam antrian tersebut, kemudian juga menghitung faktor-faktor lain seperti waktu tunggu, panjang antrian, dan faktor lainnya. Terori antrian banyak digunakan dalam hal pemrosesan seperti elemen kemampuan server, contohnya hanya dapat melayani atau memproses sebuah elemen customer satu per satu. Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan permasalahan antrian yang terjadi di lapangan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga diharapkan nantinya perusahaan jasa dapat memberikan pelayanan yang lebih baik tanpa menambah biaya fasilitas. Hal ini akan membuat pelanggan puas menggunakan jasa perusahaan dan mereka bisa menjadi loyal karena pelayanan yang cepat. Penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisis sistem antrian perusahaan kemudian setelah didapatkan hasil akan dilakukan percobaan dengan mengubah sistem antrian yang sebelumnya menjadi sistem yang lebih baik sehingga dapat mengurangi waktu tungguantrian untuk pelanggan dan meningkatkan pelayanan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem antrian sebelumnya adalah Single Chanel-Single Phase. Untuk itu dilakukan perubahan sistem Multi Chanel-Single Phase dengan penambahan 1 server sehingga total server PDI menjadi 2. Sistem ini dapat mengurangi waktu yang semula 7 jam untuk 8 unit menjadi 3,5 jam dan dalam perhitungan ditemukan pelayanan yang semula selesai pukul 16.00 dapat diminimalisasikan selesai pukul 11.30 pada 2-8 Maret 2015.

Queuing theory is a field of applied probability richest application. Bank queues, supermarket queues, queues of cars at the gates of the toll, the queue web access, and many other examples of the queue is an example of the application of the theory. Queuing theory to explain the process of what was done to the elements that are in the queue, then also calculate other factors such as waiting times, long queues, and other factors. Terori queue widely used in things such as the processing element server capability, for example, can only serve or process a customer elements one by one. This study aims to solve queuing problems that occur in most of daily activity. Therefore the research can be expected, service companies can provide better services without increasing facility cost in the future. This will create satisfied customers using the company service and they can be loyal because of the faster service. The research was conducted by analyzing the company queuing system then when results found after a simulation is done by altering the queue system before,becomes a better system that can reduce the average waiting time in queue andimprove the company's service. The results showed that the previous queuing system is Single-Single Phase Chanel. It made changes to the system for Chanel Multi-Single Phase with the addition of 1 server so that the server PDI total to 2. This system can reduce the time the original 7 hours to 8 units to 3.5 hours and was found in the calculation of the original service finished at 16.00 can be minimized finished at 11.30 on 2-8 March 2015.

Kata Kunci : teori antrian, pelayanan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.