PEMBUATAN ALAT TESTER COIL
CAESAR RIFFAN UTAMA, Ir.Soeadgihardo, MT
2015 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK MESIN SVINTISARI Sebuah sistem pengapian adalah sistem untuk menyalakan campuran bahan bakar-udara. Sistem pengapian yang terkenal di bidang mesin pembakaran internal seperti yang digunakan dalam mesin bensin yang digunakan untuk bagian besar daya kendaraan bermotor. Sistem tersebut menggunakan baterai timbal-asam, pengisian listrik mobil menggunakan sistem dinamo atau alternator. Mesin beroperasi pada titik kontak pemutus, yang mengubah arus ke kumparan induksi (dikenal sebagai koil pengapian). Koil pengapian terdiri dari dua kumparan trafo primer dan sekunder. Kumparan ini terbagi oleh inti magnetik. Arus bolak-balik pada induksi primer menginduksi medan magnet dalam inti kumparan mengakibatkan arus bolak-balik di kumparan sekunder. Pengapian pada kumparan sekunder lebih baik dari primer. Trafo step-up menghasilkan tegangan tinggi dari kumparan sekunder. Kumparan primer terhubung ke baterai (biasanya melalui tahanan ballast sebagai pembatas arus). Pada pengapian koil ujung kumparan terhubung bersama. Pemutus kontak dilakukan kapasitor/kontak pemutus persimpangan. Ujung sekunder terhubung ke rotor. Cap distributor berurutan membagi tegangan tinggi ke masing-masing koil.
ABSTRACT An ignition system is a system for igniting a fuel-air mixture. Ignition systems are well known in the field of internal combustion engines such as those used in petrol (gasoline) engines used to power the majority of motor vehicles. The system is powered by a lead-acid battery, which is charged by the car's electrical system using a dynamo or alternator. The engine operates contact breaker points, which interrupt the current to an induction coil (known as the ignition coil). The ignition coil consists of two transformer windings-the primary and secondary. These windings share a common magnetic core. An alternating current in the primary induces an alternating magnetic field in the core and hence an alternating current in the secondary. The ignition coil's secondary has more turns than the primary. This is a step-up transformer, which produces a high voltage from the secondary winding. The primary winding is connected to the battery (usually through a current-limiting ballast resistor). Inside the ignition coil one end of each winding is connected together. This common point is taken to the capacitor/contact breaker junction. The other end of the secondary is connected to the rotor. The distributor cap sequences the high voltage to the respective spark plug.
Kata Kunci : Driver Coil