ANALISIS POSTUR TUBUH PENGGUNA JASA GAME ONLINE DI JAVA GAME CENTER
THOFAN CHRISTY S, Andi Rahadiyan Wijaya, ST., M.Sc.,Lic., Ph.D
2015 | Skripsi | S1 TEKNIK INDUSTRIDaerah istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan daerah yang telah lama dikenal sebagai kota pendidikan. Dengan menyandang predikan tersebut, DIY menjadi tujuan kaum muda mengenyam pendidikan. Seiring bertambahnya jumlah penduduk dan pendatang, kegiatan ekonomi di DIY pun turut mengalami peningkatan. Salah satunya dalam bidang industri hiburan seperti Game Center. Game online sangat berkembang pesat akhir-akhir ini, semakin lama permainannya semakin menyenangkan. Mulai dari tampilan, gaya bermain, grafis permainan, resolusi gambar dan lain sebagainya. Yang mendominasi memainkan game online adalah kalangan pelajar, mulai dari TK, SD, SMP, SMA, maupun Mahasiswa. Selain itu dalam bermain seringkali terdapat gerakan-gerakan seperti membungkuk, memutar badan, dalam waktu lama gerakan tersebut dapat menyebabkan Musculoskeletal disorder (MSD) pada tubuh manusia. Maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis postur tubuh pada pengguna jasa game center terhadap musculoskeletal disorder (MSD). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 20 orang pengguna jasa Java Game Center. Pengujian awal dilakukan dengan menggunakan Standardized Nordic Questionnaire (SNQ). Setelah didapat hasil dari SNQ, kemudian didapat 4 orang yang memiliki resiko besar mengalami musculoskeletal disorder (MSD). Dari hasil analisis SNQ, diketahui 20 pengguna jasa game center tersebut (n=20) mengalami rasa sakit dan ketidaknyamaan pada bagian bahu mereka dan sebagian merasakan gejala musculoskeletal disorders pada pergelangan tangan mereka yang dirasakan baik pada 12 bulan terakhir maupun 7 hari terakhir . Dapat dilihat bahwa postur bahu saat bekerja dari keempat pengguna jasa game center tersebut adalah pada posisi yang tidak netral yang berakibat menimbulkan kelelelahan pada bahu, punggung, dan leher. Berdasarkan hasil penilaian postur kerja terhadap kondisi normal dan lelah dengan menggunakan RULA menunjukkan bahwa kedua jenis kegiatan kerja tersebut menghasilkan nilai RULA 6 dan RULA 7 yang berarti kedua pekerjaan tersebut berada pada level tindakan 3 dan level tindakan 4 sehingga memiliki resiko yang tinggi perlu adanya investigasi lebih lanjut dan perbaikan secepatnya. Setelah perbaikan postur dan pengurangan intensitas di depan komputer didapat nilai RULA 1 sehingga berada pada level tindakan 1 yang mengindikasikan postur dapat diterima bila tidak dipertahankan secara berulang dan dalam periode waktu yang panjang.
Yogyakarta Special Region (DIY) is an area that has long known as the city of education. By attaching the predikan, DIY the goal of youth education. With increasing number of residents and newcomers, economic activity in the DIY also has experienced improvement. One is in the area of the entertainment industry such as Game Center. Online gaming is growing rapidly lately, the longer the game more enjoyable. Starting from the look, style of play, graphics game, image resolution, and so forth. Who dominated play Online games are among the students, ranging from kindergarten, elementary, junior high, high school, or Students. Also in play are often contained such movements bending, twisting body, the movement for a long time can causing musculoskeletal disorder (MSD) in the human body. So this study was conducted to analyze posture body on game center service users against musculoskeletal disorder (MSD). The sample used in this study consisted of 20 people Java Game Center service users. Initial testing done by using the Standardized Nordic Questionnaire (SNQ). Having obtained the results from the SNQ, then gained 4 people who are at risk of experiencing musculoskeletal disorder (MSD). From the analysis SNQ, 20 service users known to the gaming center (N = 20) experienced pain and ketidaknyamaan on their shoulders and most feel the symptoms of musculoskeletal disorders on the wrist those who felt good in the last 12 months and the last 7 days. Can seen that the shoulder posture while working on the fourth game center service users is in the neutral position resulting pose kelelelahan on the shoulders, back, and neck. Based on the results of the assessment of the condition of normal work posture and fatigue using RULA showed that both types of work activities The yield value Rula Rula 6 and 7, which means both jobs xiii The action at the level 3 and level 4 so that the action has High risk is need for further investigation and repair as soon as possible. After posture improvement and reduction of intensity at the computer Rula 1 so that the value obtained at the level of the action 1 posture indicates acceptable if not maintained repeatedly and in a long period of time.
Kata Kunci : RULA, musculoskeletal disorder, SNQ