Laporkan Masalah

PERAN GENERAL CASHIER BAGI KELANCARAN OPERASIONAL DI HOTEL GRAND TJOKRO KLATEN

ANGGUN DEWI M, WIDYARINI WIRJONO, S.E., M.M.

2015 | Tugas Akhir | D3 KEPARIWISATAAN SV

Industri pariwisata khususnya bidang perhotelan selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk kelancaran pemenuhan kebutuhan operasional hotel. Dalam hal ini General Cashier berperan dalam kelancaran kebutuhan operasional karena General Cashier bertanggungjawab dalam mengelola seluruh keuangan di hotel. Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui peran General Cashier bagi kelancaran operasional di hotel Grand Tjokro Klaten serta untuk mengetahui kendala yang ditemui dan cara mengatasinya. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa General Cashier mempunyai peran yang cukup penting bagi kelancaran operasional di Hotel Grand Tjokro Klaten, karena General Cashier merupakan pusat perputaran keuangan di hotel.

Tourism industry especially of hotel always do the best thing to ease hotel operational. General Cashier has a role to ease hotel need and operational, because General Cashier has responsible to manage finances in hotel. The study aims to describe role of General Cashier on hotel operational in Grand Tjokro Hotel Klaten, and also to identified the obstacle and how to solve the obstacle. Data collection is done with observation, interview, documentation, and study literature. The result were, General Cashier has a significant role on hotel operational in Grand Tjokro Hotel Klaten, because General Cashier is the center of finance rotation in hotel.

Kata Kunci : Peran, General Cashier, Operasional