Laporkan Masalah

Arens' Calssification of Headlines on Printed Rock Climbing Equipment Advertisement: a Speech Act Analysis

SEKAR LANGIT NARISWARI, Dra. Rio Rini Diah Moehkardi.,M.A.

2015 | Skripsi | S1 SASTRA INGGRIS

Penelitian ini membahas tipe headline berkaitan dengan makna kontekstualnya yang didukung oleh elemen-elemen iklan lainnya seperti yang digunakan dalam iklan cetak peralatan panjat tebing. Penelitian ini membagi headline ke dalam kategorisasi headline William F Arens berdasarkan makna kontekstual tiap headline. Makna kontekstual yang didukung oleh elemen iklan lainnya seperti visual, body copy, dan brand logo inilah yang kemudian dianalisis berdasarkan tindak ilokusinya. Data dari penelitian ini merupakan iklan cetak yang diterbitkan dalam majalah Climbing Magazine dan Rock and Ice edisi Mei 2013 hingga Mei 2014. Headline tersebut dianalisa berdasarkan teori tindak tutur Searle dan klasifikasinya. Untuk mengetahui makna kontekstual dari headline tersebut, penulis mengkombinasikan makna literal dari headline tersebut dan elemen pendukung lainnya. Makna kontekstual tiap headline itulah yang menentukan tipe headline itu sendiri. Dari hasil penelitian, terdapat tiga tindak ilokusi Searle yang digunakan dalam majalah Climbing Magazine dan Rock and Ice yaitu commissive (janji, ancaman, penolakan dan, ikrar), representative (fakta, deskripsi, kesimpulan), dan directive (perintah, permintaan, saran). Analisis makna kontektualnya menunjukkan bahwa visual dan pemilihan kata tiap headline mempengaruhi situasi tuturnya. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa benefit headline digunakan lebih sering daripada jenis headline lainnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tindak tutur secara tidak langsung mempengaruhi sebuah iklan, khususnya headline. Tindak tutur membantu sebuah iklan menarik pembaca yang lebih spesifik yang mungkin merupakan calon pembeli produk yang diiklankan. Penelitian ini membuktikan bahwa studi akan tindak tutur yang terkait dengan iklan akan membantu tidak hanya menciptakan sebuah headline yang menarik bagi pembaca umum namun juga headline yang efektif membawa informasi yang lebih detail kepada pembaca yang lebih spesifik.

This paper is going to investigate the type of the headline in relation to the contextual meaning of the headlines as supported by the other elements of the advertisement as used in the printed advertisement of rock climbing equipment. This research particularly classifies the headlines into William Aren�s headline classification based on the contextual meaning of the headline. The contextual meaning of the headline, supported by the others elements of advertisement such as visual, subhead, body copy, and brand logo, is analyzed and understood by using the illocutionary acts. The data of the research are collected from the magazine printed advertisement of Climbing Magazine and Rock and Ice taken from May 2013 to May 2014 issues. The headlines are analyzed and classified by Searle�s speech act theory. To find out the contextual meaning of the headlines, the researcher combines the literal meaning of the headlines and the other elements of the advertisement. The contextual meaning of the headline determines the type of the headline of the advertisement. There are three types of Searle�s illocutionary acts used in the headline of Climbing Magazine and Rock and Ice magazine; commissive (promise, threat, refusal, pledges) representative (fact, description, conclusion) and directive (order, command, request, suggestion ). By describing the contextual meaning, the analysis shows that visual and the words choice impact the speech situation. The data show that benefit type of headlines are used more than any other types of headline. This research concludes that speech act has big impact on advertisement. Speech act helps the advertisement attract the specific readers who might become potential buyers. This research proves that the study of speech acts related to advertisement will help advertiser creates not only an attractive headline for general readers, but also an effective headline, brings deeper information of the product, to the specific reader.

Kata Kunci : headline, speech act, advertisement, illocutionary act, contextual meaning

  1. S1-2015-302387-abstract.pdf  
  2. S1-2015-302387-bibliography.pdf  
  3. S1-2015-302387-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2015-302387-title.pdf