The Marketing Strategies of Spektrum Graphic Studio Yogyakarta
RINI AGUSTIN K, Erlin Estiana Yuanti, M.A.; Tri Nuraniwati, S.S.,M.A.
2015 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS SVTujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hal-hal yang berhubungan dengan marketing seperti mengetahui pengaruh marketing dalam sebuah perusahaan, strategi marketing, langkah-langkah melakukan pemasaran dan juga analisis SWOT di Spektrum Graphic Studio. Spektrum Graphic Studio merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang digital printing pertama yang berkembang dengan cepat di Yogyakarta. Perusahaan ini menyediakan berbagai macam pilihan produk untuk menjawab kebutuhan masyarakat dalam hal digital printing. Penulis akan mencari informasi dengan cara melakukan wawancara baik dengan pemilik maupun karyawan di Spektrum Graphic Studio dan membagikan kuisioner kepada pelanggan. Selain itu penulis juga akan mencari informasi melalui internet dan buku mengenai marketing dan analisis SWOT. Disini penulis mendapatkan data dengan melakukan kegiatan magang selama dua bulan dari bulan Januari 2015 sampai dengan Maret 2015 di Spektrum Graphic Studio. Setelah menyelesaikan program magang, penulis menyimpulkan bahwa strategi marketing yang paling berhasil dan cocok yang telah dilakukan oleh Spektrum Graphic Studio adalah konsistensi dalam hal kualitas dan even promosi. Selain itu, Spektrum Graphic Studio adalah pelopor perusahaan yang bergerak dibidang digital printing pertama di Yogyakarta sehingga perusahaan ini berhasil mendapatkan pelanggan setia. Sementara strategi yang masih harus dikembangkan adalah media iklan melalui sosial media karena sosial media mempunyai potensi yang baik untuk strategi marketing.
The purpose of this study is to analyze things related with marketing such as determine the effect of marketing in a company, marketing strategies, steps of doing marketing and SWOT analysis in Spektrum Graphic Studio. Spektrum Graphic Studio is the first digital printing company growing rapidly in Yogyakarta. This company provides a wide range of products to meet customer needs in terms of digital printing. The writer seeks information through interviews with the owner and the employees in Spektrum Graphic Studio and distribute questionnaires to customers. Moreover, the writer also searches in the internet and books about marketing and SWOT analysis to get and add more information.The writer gets the data by conducting an internship for two months from January 2015 until March 2015 in Spektrum Graphic Studio. After completing the internship program, the writer conclude that the most successful and suitable marketing strategies done by Spektrum Graphic Studio are the consistency in terms of quality and promotional events. In addition, Spektrum Graphic Studio is the pioneer of a company engaged in digital printing in Yogyakarta so that this company managed to have loyal customers. While, the strategy that need to be developed is the advertising media through social media because it also has good potential for marketing strategy.
Kata Kunci : Spektrum Graphic Studio, Marketing, Strategi Marketing, Marketing Strategies